Ali Mazi Dorong Anggaran KONI Sultra Zaman Lukman Abunawas Diaudit

483
Ali Mazi saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus KONI Sultra. (Haerun)

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sultra Ali Mazi mendorong agar anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra sebelumnya untuk diaudit penegak hukum.

Ia menyebut, pada PON di Jawa Barat lalu, salah satu pengurus datang mengeluh ke dirinya bahwa beberapa kontingen hanya makan mie instan.

- Advertisement -

“Berarti dana pembinaan KONI tidak berjalan,” katanya saat memberikan sambutan di pelantikan KONI Sultra di Rujab Gubernur Sultra, Jumat 29 November 2019.

Ia mengingatkan kepada ketum KONI Sultra yang baru, agar dana yang diberikan pemerintah digunakan sesuai amanah.

“Jangan sampai dana ini untuk ke A malah lari ke E,” jelasnya.

Ia menyebut, anggaran KONI Sultra sebesar Rp 15 miliar. Pada tahap pertama dicairkan Rp 6 miliar. Hanya saja, dengan kondisi tim yang berlaga di PON Jabar mengeluhkan makanan, maka ia menilai ada yang salah dalam manajemen dan pembinaan.

“Saya akan audit karena itu uang negara. Jangan main main belanjakan uang negara. Jika disalahgunakan akan jadi bumerang,” tegasnya.

Ia menyebut, akan meminta Kejati dan Polda Sultra untuk memeriksa kejanggalan anggaran KONI Sultra kepengurusan sebelumnya.

“Nanti ada Kapolda audit dulu uang di KONI ini. Kita jujur saja dan bicara apa adanya,” tuturnya.

Mantan Gubernur Sultra 2003 ini menuturkan, uang yang dibelanjakan harusnya sesuai dengan sasaran agar pembinaan olahraga di Sultra berjalan baik.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada Ketua Umum KONI Sultra baru Agista Ariany Bombay yang juga istrinya sendiri untuk bekerja lebih baik dan hati-hati mengelola keuangan KONI.

“Harus mengemban amanah dan lebih baik dari sebelumnya. Mudah-mudahan pemerintah provinsi selalu mengawasi ini,” pungkasnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...