Pemkab Buteng Sukses Bangun Simpul Ekonomi Kerakyatan

560
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Aktifitas ekonomi masyarakat Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dibawah kepemimpinan, H. Samahuddin sebagai bupati dan La Ntau sebagai wakil bupati terus digeliatkan. Simpul-simpul ekonomi kerakyatan pun sukses dibangun.

Simpul ekonomi tersebut berupa pembangunan pasar rakyat. Hingga 2019 ini, tangan dingin Samahuddin-La Ntau telah mampu membangun 12 pasar rakyat sebagai jantung aktifitas perekonomian daerah.

- Advertisement -

Dari 12 pasar rakyat ini, delapan diantaranya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan empat lainnya menggunakan APBN melalui Dana Pembantuan.

Bupati Buteng, H. Samahuddin mengatakan, kehadiran pasar rakyat sesunguhnya adalah bagian dari tanggung jawab pemerintah dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Pembangunan pasar bertujuan tidak lain agar akses ekonomi semakin nyata ditengah-tengah masyarakat. Selain itu, menjadi wadah untuk mengakomodir setiap usaha kerakyatan baik dari sektor pertanian, perikanan dan sektor lainnya.

“Itulah yang ingin dicapai pemerintah. Makanya keberadaan pasar ini patut disyukuri oleh semua pihak,” katanya.

Orang nomor satu di Buteng ini menyebut, bila pembangunan pasar untuk rakyat adalah bukti nyata bahwa pemerintah terus menerus memberikan kontribusi besar dalam rangka membangunan akses ekonomi masyarakat. Kedepan akses maupun sarana prasarana pasar akan terus dilengkapi.

Pun begitu, La Ramo sapaan akrab H. Samahuddin ini menyadari pembangunan pasar ini tak akan bisa terwujud bila tak ada peran dari instansi terkait yang telah memediasi pelaksanaan sehingga berjalan dengan baik.

Juga kepada pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan terkhusus masyarakat yang telah mendukung pembangunan pasar ini sehingga tercapai sesuai harapan.

“Ini semua tercapai karena kerja sama dan kerja keras kita semua. Doakan dan bantu kami untuk terus berkarya dan berbuat demi daerah yang kita cintai ini,” ajak H. Samahuddin.

Bupati definitif pertama Kabupaten Buteng ini juga memanjatkan doa agar kehadiran sejumlah pasar rakyat itu bermanfaat bagi masyarakat. Dengan begitu, masyarakat cepat makmur, semakin jaya dan kesejahteraan semakin meningkat.

“Jadikan kehadiran pasar rakyat ini sebagai kesempatan untuk memberi kemanfataan bagi desa dan masyarakatnya,” harapnya.

Bupati Buteng H. Samahuddin dan Wakil Bupati Buteng La Ntau saat peresmian salah satu pasar di Buteng.

Ia juga menitip pesan agar semua pedagang dapat menjaga kebersihan pasar, Jangan ada lagi pasar yang memberikann kesan kumuh dan bau yang tidak sedap serta tidak teratur.

“Pedagang harus menata barang dagangannya dengan baik dan rapi, wujudkan pasar yang rapi dan nyaman dalam bertransaksi jual beli,” pintanya.

Kepala Dinas Perdangan dan Perindustrian Kabupaten Buteng, Usman Mbolosi menambahkan, terdapat dua sumber dana yang berhasil didatangkan pemerintah daerah untuk pembangunan pasar rakyat itu. Diantaranya Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBN melalui Dana Pembantuan.

“Sejauh ini sudah ada 12 pasar rakyat yang berhasil dibangun. 12 pasar rakyat ini tersebar dibeberapa kecamatan yang ada,” katanya.

Usman Mbolosi mengatakan pembangunan pasar rakyat ini akan menggerakkan perekonomian masyarakat. Olehnya, sebisanya setiap tahun akan ada penganggaran untuk pembangunan yang serupa dan akan disebar diseluruh kecamatan yang ada.

“Harapan kami mudah-mudahan pada tahun selanjutnya bisa terus membangun. Apalagi masyarakat sangat antusias dan berpartisipasi serta mendukung pembangunan pasar rakyat ini,” katanya. (adv)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...