Perencanaan Pembangunan Butuh Data yang Akurat

79
Wakil Bupati Buton Iis Elianti saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Indonesia dan Sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020 tingkat Kabupaten Buton di Kantor Bupati Buton, Senin 2 Desember 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Wakil Bupati Buton Iis Elianti membuka Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Indonesia dan Sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020 tingkat Kabupaten Buton di Kantor Bupati Buton, Senin 2 Desember 2019. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Wakil Bupati Buton Iis Elianti mengatakan, untuk perencanaan pembangunan diperlukan data yang akurat. Sehingga perlu ada informasi dan data yang akurat untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pemerintah periode berikutnya.

Advertisements
- Advertisement -

Penerapan satu data, diharapkan sebagai alat transparansi dan akuntabilitasi pemerintah serta partisipasi masyarakat dalam mengawal proses pelaksanaan pembangunan. Ini jadi pencetus dalam meningktakan kerjasama lintas sektor.

“Implementasi satu data pada Sensus 2020 ini untuk menyiapkan data jumlah kependudukan. Ini sangat penting. Saya minta kita ikut serta dalam berpartisipasi menyukseskan agenda Satu Data Indonesia khususnya Kabupaten Buton,” ujarnya.

Pada era otonomi, lanjut dia, pemerintah daerah membutuhkan data secara komperensif dan terpadu bukan hanya di tingkat kabupaten namun hingga tingkat terkecil.

“Pemanfaatan data tidak secara internal tapi juga bagi masyarakat,” ujarnya.

Melalui sensus survei, BPS diamanatkan menyelenggaran statisktik yang bersifat dasar. Untuk menghasilkan data statistik yang bermanfaat bagi daerah berbagai tantangan yang dihadapi diantaranya data yang tersebar diberbagai instansi sektoral ada kesenjangan data.

Iis menambahkan, dalam rangka menuju Indonesia Satu Data, Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki peran yang sangat penting dalam penyampaian berbagai informasi kepada masyarakat. Termasuk informasi data-data yang ada pada pemerintah daerah (data sektoral).

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
                   
                   
Baca Juga :  Kajati Sultra Kunjungi Buton, Ingatkan Tugas TP4D