Wali Kota Kendari Akan Tindak Empat Oknum ASN Lakukan Pungli

100
Sulkarnain Kadir

Kendari, Inilahsultra.com – Empat oknum pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) dari Satgas Saber Pungli Kendari saat melakukan sidak.

Empat oknum pegawai yang diduga melakukan punguta liar (Pungli), dua orang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) sementara dua lainnya berstatus honorer.

Advertisements
- Advertisement -

Kepala Disdukcapil Kota Kendari Halili mengatakan, oknum-oknum tersebut diduga melakukan pungli pelayanan kepengurusan data kependudukan.

Berdasarkan laporan dari masyarakat oknum-oknum tersebut melakukan pugli sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu saat kepengurusan data kependudukan.

“Saya kembali tegaskan pelayanan data kependudukan di Diskucapil tidak ada pembayaran alias gratis,” jelasnya.

Terkait sanski, kata Halili, telah dilaporkan kepada Sekretaris Daerah Kota Kendari sebagai jenderal ASN. Jika benar-benar terbukti melakukan pungli maka harus diberikan sanksi sesuai dengan proses hukum.

“Ini merupakan penyakit, sanksinya kita tunggu dari jenderal ASN dan hasil dari Satgas Saber Pungli. Ini harus segera ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku kalau memang betul,” jelasnya.

Halili mengimbau kepada seluruh pegawai Disdukcapil agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan diri sendiri, dan bekerja berpegang teguh dengan aturan yang berlaku.

“Saya mengimbau kepada masyarakat pada saat kepengurusan untuk mengikuti prosedur yang ada. Kalau ada lagi oknum melakukan pungli segera melapor ke kami,” imbaunya.

Sementara Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, jika terbukti melakukan pungli empat oknum tersebut bakal diberikan sanksi tegas, mulai dari sanksi sedang, ringan dan berat.

“Kita tunggu saja hasilnya, kalau benar-benar terbukti, empat oknum ini bisa saja di copot dari jabatannya bahkan bisa kehilanga status ASN, karena ini mengenai ketidaksiplinan ASN. Kita tunggu saja proses hukumnya,” tegas Sulkarnain Kadir saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Rabu 4 Desember 2019.

Baca Juga :  Puluhan Korban Banjir Kendari Terserang Penyakit Gatal-gatal dan Demam

Orang nomor satu di Kota Kendari ini mengaku, tidak akan henti-hentinya menyampaikan kepada bawahannya agar tidak melakukan pungutan. Tapi ternyata masih saja terjadi baru-baru ini di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kota Kendari yang didapatkan tim Satgas Saber Pungli.

“Kita sampaikan semangat ini sampai ke bawah untuk tidak melakukan pungli. Tapi ada yang tidak dengar dan ada juga yang tidal dengar. Saya harapkan sadar dan insaflah untuk tidak terjadi lagi,” imbaunya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...