KPU Butur Gelar Sosialisasi Pencalonan Perseorangan, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

85
 

Buranga, Inilahsultra.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Utara (Butur) kembali menggelar sosialisasi pencalonan perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Butur tahun 2020.

Kegiatan kali ini ikut menghadirkan narasumber dari KPU Sultra, Iwan Rompo Banne. Giat tersebut digelar di salah satu hotel yang ada di Kulisusu, Senin, 9 Desember 2019.

Advertisements

Iwan Rompo Banne yang juga sebagai Kordiv Teknis Penyelenggara KPU Sultra lebih banyak memaparkan terkait syarat dukungan yang harus dipenuhi calon perseorangan.

Dalam penjelasannya, merujuk kentetuan pasal 10 ayat 2 PKPU nomor 3 tahun 2017, jumlah dukungan harus tersebar lebih dari 50 persen jumlah ke camatan di daerah kabupaten yang bersangkutan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Butur.

β€œDi Butur sendiri calon perseorangan yang harus dipenuhi dari DPT terakhir 44.383 jiwa dikali 10 persen maka harus mendapatkan 4.439 dukungan. Jumlah ini minimal 4 kecamatan dari total 6 kecamatan,” terangnya.

Untuk jadwal penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan dilaksanakan sesuai dengan jadwal dalam PKPU 16 tahun 2019, yakni tanggal 19 sampai dengan 23 Februari 2020.

Iwan menegaskan, bakal pasangan calon perseorangan yang telah mengikuti proses verifikasi administrasi, tidak dapat lagi diajukan sebagai calon dan bakal pasangan calon oleh partai politik atau gabungan parpol,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Butur Hasruddin mengungkapkan, pihaknya gencar melakukan sosialisasi terkait tahapan pilkada yang sedang berjalan. Apalagi terkait dengan syarat dukungan yang harus dipenuhi oleh calon perseorangan atau non partai.

β€œKita juga turun sosialisasi di setiap tingkatan bawah, baik itu di desa-desa, kecamatan atau pun sekolah-sekolah. Semoga apa yang terus kami lakukan dapat memperlancar proses tahapan pilkada yang tengah berjalan,” imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi ini, ikut pula dihadiri seluruh komisioner KPU Butur, Ketua Bawaslu Butur Hazamuddin, Kepala Kesbangpol Agus Pria Budiana, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kapolsek Kulisusu, Kompol Ahali, anggota TNI, tokoh masyarakat, serta sejumlah perwakilan organisasi kepemudaan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...