Pemda Mubar Akan Berlakukan Absensi Wajah untuk PNS

69
 

Laworo, Inilahsultra.com – Mulai pekan depan, bagi apartur sipil negara (ASN) yang malas berkantor di lingkup Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan ketahuan.

Pasalnya, Pemda Mubar akan mulai menerapkan absensi wajah (face print) pada seluruh ASN.

Advertisements

Sistem absensi wajah ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan kerja seluruh perangkat daerah mulai dari kecamatan, sekretariat daerah sampai dengan tingkat SKPD.

Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani menjelaskan, penerapan absensi wajah itu merupakan permintaan atau anjuran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Rencananya, mulai hari ini, Senin 9 Desember 2019, masing-masing PNS akan mulai diinput datanya.

β€œSenin depan itu absensi wajah sudah akan dilaksanakan dan diresmikan langsung oleh pak bupati. Mulai minggu ini harus mulai diinput di SKPD masing-masing,” kata Achmad Lamani dalam pidatonya usai saat memimpin upacara di pelataran halaman kantor bupati, Senin 9 Desember 2019.

Menurutnya, meskipun selama ini sudah menerapkan absen manual dan absen sidik jari, namun hal itu dinilai tidak memaksimalkan kehadiran ASN.

Ia menyebut, dengan sistem alat yang akan diterapkan nanti, mesin absensi yang sekaligus akses kontrol dengan multiidentifikasi wajah, sidik jari, password dan kartu, yang digunakan secara terpisah atau bersamaan itu dapat meningkatkan kedisiplinan ASN.

β€œAlat ini juga dilengkapi dengan infra red kamera yang dapat digunakan scan wajah dalam ruangan gelap sekalipun,” jelasnya.

Ia berharap dengan sistem ini bisa dijadikan pekerjaan sebagai hobbi, amanah dan pengabdian kepada negara.

Penulis : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...