Lelo Uang, Rangkaian Pesta Adat Pikoelaliwu Buton

Bupati Buton La Bakry disambut antusias warga saat menghadiri rangkaian pesta adat di Pasarwajo, Selasa 10 Desember 2019.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Jelang pelaksanaan Pesta Adat Pikoelaliwu Takimpo-Kambulambulana, Bupati Buton La Bakry mengikuti ritual Lelo Uang, di Baruga Pasarwajo, Selasa 10 Desember 2019. Ritual ini sebagai rangkaian pesta adat.

Pesta Adat Pikoelaliwu merupakan pesta adat dua tahunan. Acara ini dimulai dengan tradisi Picundupia di Pantai Wajo, kemudian Ganda-ganda dan Lelo Uang sebagai ungkapan rasa syukur.

Bupati Buton La Bakry memberikan apresiasi dengan digelarnya tradisi masyarakat Takimpo-Kambulambulana ini.

“Ini luar biasa sekali, tradisi yang tetap dilestarikan masyarakat. Bahu membahu merasakan kebahagian,” kata dia.

Menurut La Bakry, acara tersebut sejalan dengan visi misi pemerintah daerah yang ingin melestarikan budaya dan tradisi daerah sebagai kawasan bisnis dan budaya terdepan.

“Pemerintah daerah tetap melaksanakan pembinaan apalagi ini kegiatan alami masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, pemerintah daerah memberikan suport termasuk dalam pembangunan baruga di semua daerah di Buton.

Salah seorang tokoh adat, Hamuli mengatakan, Tradisi Lelo Uang sebagai ungkapan kebahagian masyarakat yang pertama kalinya membawa anaknya masuk dalam baruga.

Dalam tradisi ini, Lelo Uang atau melempar uang dilakukan bukan hanya masyarakat namun pejabat daerah yang hadir juga ikut melakukan tradisi serupa. Uang dilempar kepada anak-anak yang telah menunggu kedatangan para undangan di Baruga.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry