Basarnas Hentikan Pencarian Nelayan Kolaka yang Hilang

180
 

Kendari, Inilahsultra.com – Basarnas Kendari menghentikan pencarian nelayan Kolaka, Nurdin (45) yang hilang sepekan lalu.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi mengatakan, berdasarkan hasil rapat evaluasi dan kesepakatan dengan pihak keluarga korban, diputuskan operasi SAR pada hari ketujuh untuk dihentikan.

- Advertisement -

“Operasi SAR terhadap satu orang nelayan yang hilang di Perairan Pantai Pasir Putih Desa Toari Kabupaten Kolaka dinyatakan ditutup pada pukul 14.00 WITA,” kata Wahyudi, Rabu 11 Desember 2019.

Sebelumnya, kata dia, tim SAR gabungan telah menyisir perairan Kolaka untuk mencari korban yang hilang namun hasilnya masih nihil.

“Operasi dapat dibuka kembali apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan korban,” ujarnya.

Karena operasi resmi ditutup, seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Unsur yang terlibat dalam pencarian ini diantaranya tim Rescue Pos SAR Kolaka, Polsek Watubangga, Babinsa Toari, Polair Kolaka, Rescue IRG Antam, SAR USN, masyarakat setempat dan keluarga korban.

Diberitakan, warga Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka dilaporkan hilang saat pergi memancing, Rabu 4 Desember 2019 sekira pukul 07.00 WITA.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi menyatakan, sekira pukul 08.20 WITA, Kamis 5 Desember 2019, Basarnas Kendari menerima informasi dari Nazar salah seorang keluarga korban yang melaporkan bahwa nelayan bernama Nurdin (45) hilang pergi memancing.

Warga Toari itu pergi memancing sejak Rabu 4 Desember 2019 pukul 07.00 wita dan keseharian korban kembali ke rumah sekitar pukul 17.00 WITA.

“Tetapi korban hingga berita ini kami terima belum kembali dan sudah dilakukan pencarian oleh keluarga korban dengan hasil nihil,” katanya.

Ia menyebut, saat keluarga melakukan pencarian ada beberapa barang milik korban yang ditemukan seperti gabus tempat penyimpanan ikan milik korban, penutup tanki BBM dan beberapa bungkus rokok.

“Korban keluar memancing di sekitar perairan Pasir Putih yang juga merupakan perbatasan antara Kolaka dengan Kabupaten Bombana,” jelasnya.

Atas Laporan tersebut, pada pukul 08.35 WITA, Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan dengan menggunakan satu buah rescue car membawa satu unit rubber boat beserta alat pendukung keselamatan lainnya.

“Jarak antara lokasi dengan pos SAR Kolaka searah garis lurus kurang lebih 31 nautical mile dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 3 sampai 4 jam,” tuturnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...