Ali Mazi Minta Pemkab Buton Lestarikan Pesta Adat

232
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Malam puncak perayaan pesta adat tahunan Takimpo-Kambulabulana digelar, Rabu malam 11 Desember 2019. Acara ini dihadiri Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Selaku pimpinan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra secara pribadi menyampaikan apresiasi atas digelarnya pesta adat yang dijadikan agenda tahunan ini,” ujar Ali Mazi.

Advertisements

“Pesta adat yang dilaksanakan dengan tradisi Takimpo-Kambulabulana merupakan rangkaian pesta adat yang mengandung arti sangat mendalam. Prosesi adat yang digelar 1 Desember lalu di Pantai Wajo hingga prosesi adat di Baruga punya makna menjadikan generasi kita generasi yang menghargai budaya,” tambahnya.

Ritual tersebut, lanjut Ali Mazi, memiliki makna seorang anak harus berbakti dan menjadi anak yang baik. Sehingga kegiatan tersebut harus terus dilestarikan sebagai tradisi peningalan leluhur yang memiliki makna sangat baik.

Pelestarian nilai budaya, terang Ali Mazi, merupakan salah satu fokus Pemerintah Provinsi Sultra. Dimana menjadikan terwujudnya Sultra yang maju dan berbudaya, dengan mengaktualisasikan nilai kelompok masyarakat.

“Pemerintah provinsi akan menjadikan pesta adat ini sebagai salah satu warisan budaya, legenda yang dimiliki masyarakat Takimpo-Kambulabulana Pasarwajo,” urainya.

Ali Mazi menegaskan, tempat-tempat yang melaksanakan prosesi ritual adat akan ditata dengan baik. Sehingga pelaksanaannya bisa lebih mudah dan kegiatan budaya akan lebih baik dan sempurna.

Ali Mazi menegaskan, semua pihak harus memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada dengan baik. Sehingga keindahan alam dan budaya yang dimiliki lebih potensial dan menjadi obyek wisata yang unggul.

Tidak hanya itu, Ali Mazi juga berharap pemerintah daerah terus mempromosikan budaya kepada dunia luar. Sehingga dapat berimplikasi pada kemajuan daerah.

“Atas nama Pemprov Sultra saya mengucapkan terima kasih. Saya berharap kultur masyarakat dapat terus eksis seiring perkembangan zaman,” ucapnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...