Pilkada Butur, Demokrat akan Dukung Calon Bupati Berpasangan dengan Kadernya

464
 

Kendari, Inilahsultra.com – Partai Demokrat akan mendukung calon kepala daerah yang memilih kadernya sebagai 02 pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Buton Utara (Butur) 2020 mendatang.

Ketua DPD Partai Demokrat Sultra Muh Endang SA mengatakan, terkait Abu Hasan tidak akan mengambil wakilnya dari partai politik akan menjadi bahan pertimbangan. Tapi, lanjut dia, perlu diketahui saat ini Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra itu telah mendaftar di Partai Demokrat sebagai calon bupati.

Advertisements

“Apa yang dikatakan Abu Hasan ini
akan menjadi salah satu bahan evaluasi penilaian kami untuk didorong ke DPP dalam menentukan rekomendasi untuk calon bupati di Butur,” ujar Endang di kantor DPRD Sultra, Rabu 11 Desember 2019.

Wakil Ketua DPRD Sultra ini mengungkapkan, kalau misalnya calon yang mendaftar di Partai Demokrat untuk tampil di Butur memiliki penilaian yang sama. Tentu, lanjut dia, yang akan diutamakan calon memilih kader Partai Demokrat.

Dalam penilaian tersebut, lanjut Endang, ada empat indikator yaitu mempunyai program kerja yang bagus, koalisi partai karena Demokrat setiap daerah yang mengikuti Pilkada kekurangan kursi untuk mengajukan calon sendiri.

Kemudian elektabilitas berdasarkan hasil survei dan persiapan logistik untuk memenangkan Pilkada. Empat komponen ini menjadi penilaian utama dalam menentukan seseorang itu bisa diusung oleh Partai Demokrat.

“Kalau diantara kandidat memiliki nilai yang sama empat komponen ini, tentu kami akan memilih yang mau memakai kader kami. Saya kira semua partai begitu mengusulkan kadernya untuk maju meskipun jadi 02,” ujar Endang.

Sementara Abu Hasan beberapa pekan lalu belum ada pembicaraan khusus dengan Partai Demokrat terkait 02,
mantan Ketua KPU Konsel ini mengaku, sudah beberapa kali bertemu dengan Abu Hasan membicarakan masalah pilkada terkait 01 maupun 02 tergantung beliau mendefenisikan seperti apa itu pertemuan.

“Sudah beberapa kali kita ketemu, bahkan beliau pernah ke tempat saya dan saya pernah ke tempat beliau membicarakan soal pilkada. Itu bukan wewenang saya apakah pertemuan kami berdua itu dianggap khusus atau umum, karena beliau mendaftar di Demokrat,” jelasnya.

Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan akan kembali bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Butur tahun 2020. Ada dua nama yang disebut-sebut sebagai calon pendampingnya.

Kedua nama itu adalah satu Ketua DPC Partai Demokrat Butur Muliadin Salenda dan mantan Ketua KPU Butur Suhuzu.

Namun, peluang Muliadin Salenda untuk mendampingi Ketua DPD PDIP Sultra sangat tipis, karena Abu Hasan sudah memberikan sinyal akan menggandeng calon non partai.

“Calon wakil saya nanti melihat survei, bisa jadi dari Kambowa dan non partai. Saat ini saya tinggalnya di wilayah Kecamatan Kulisusu sementara Butur ada dua wilayah besar yaitu Kambowa dan Wakorumba,” ungkap Abu Hasan belum lama ini.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...