Pesta Adat Kondowa-Dongkala Buton Digelar

466
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pelaksanaan pesta adat Dongkala-Kondowa Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton tahun ini dihadiri Sapati Kesultanan Buton ke 40 Laode Jabaru. Dia berharap acara adat yang digelar, Senin 16 Desember 2019 tersebut, terus dilestarikan.

Dalam sambutannya, Laode Jabaru menyampaikan permohonan maaf Sultan Buton ke 40 Dr H M Izat Manarfa yang tidak bisa hadir. Pasalnya saat ini sedang melaksanakan rapat dengar pendapat dalam rangka percepatan pemekaran Provinsi Kepulauan Buton di Komisi II DPR RI.

“Saya merasa bersyukur melihat acara pesta adat tahunan Bongkaana Tao yang artinya pembukaan tahun atau pembukaan menanam dalam tahun ini. Parabela (Kepala Adat) dan perangkat di bawah selalu berdoa bahkan mereka belum akan tidur jika rakyatnya belum tidur,” ujarnya.

Kata dia, para perangkat adat selalu mendoakan rakyatnya, baik untuk menolak balaa dan mendoakan rakyatnya agar apa yang dilakukan membawa manfaat baik bagi dirinya maupun rakyatnya.

“Tugasnya berat mendoakan lipu (Daerah) ini dan rakyatnya. Baruga ini balai rujuk warga artinya seluruh masyarakat yang ada di kampung ini jika berada di Baruga maka semua diselesiakan di Baruga. Semua masalah selesai jika dibicarakan di Baruga, memutuskan semua masalah tidak ada yang dikecewakan, semua diterima masyarakatnya,” katanya.

Menurut dia, sebesar apapun masalah yang dihadapi akan selesai jika dibicarakan di Baruga.

Selain itu, lanjut Laode Jabaru, menyampaikan rasa syukur karena tradisi Kaombo (Wilayah yang sakral) masih dilestarikan. Ini berarti dalam kawasan Kaombo tidak bebas orang menangkap ikan. Sehingga ikan terlindungi dan bisa berkembang biak.

Sekda Buton Laode Dzilfar Djafar berharap pelaksanaan pesta adat terus dilestarikan masyarakat.

“Ini karakter dan jati diri masyarakat desa Kondowo dan Dongkala,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah selalu memberikan dukungan terhadap seluruh kegiatan budaya. Sehingga dia mengajak masyarakat agar bersama mempertahankan budaya yang ada.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...