Permudah Layanan Pemerintah, Wabup Buton Dorong Sistem Digitalisasi

297
Wabup Buton Iis Elianti bersama Sekda Laode Zilfar Djafar saat mengunjungi Lab Living Smart City Telkom Jakarta, Selasa 17 Desember 2019. Kunjungan ini atas undangan PT. Telkom Indonesia.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Wakil Bupati Buton Iis Wlianti berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dapat bekerjasama dengan PT. Telkom untuk mewujudkan Smart City.

Harapan itu diungkapkan saat mengunjungi Lab Living Smart City Telkom Jakarta, Selasa 17 Desember 2019. Kunjungan ini atas undangan PT. Telkom Indonesia.

- Advertisement -

Saat berkunjung ke Lab Living Smart City Telkom Jakarta, Wakil Bupati Buton Iis Elianti didampingi Sekda Buton La Ode Zilfar Djafar. Rombongan Pemkab Buton didampingi Pihak Telkom Kendari Hanafi dan diterima Manajer Smart City Telkom Harun Triyantoro beserta staf.

“Membangun kota cerdas membutuhkan prasarana penunjang seperti perangkat teknologi dan sistem informasi tekhnologi. Hal itu dalam rangka mengimplementasikan digitalisasi proses yang ada di Goverment. PT. Telkom yang dikenal masyarakat dengan telekomunikasi dan teknologinya pun menciptakan sebuah solusi Smart City,” kata Manajer Smart City Telkom Harun Triyantoro saat memberi penjelasan dan memperkenalkan inovasi PT Telkom.

Kata Harun, PT. Telkom lebih fokus pada teknologi. Sehingga Telkom memberi solusi khusus dengan menciptakan Smart City Nusantara. Targetnya adalah Government atau Pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Untuk itu, lanjut dia, PT. Telkom membidik Pemda sebagai target. Alasannya, Telkom menjadikan pemerintahan sebagai target sasaran Smart City Nusantara karena pemerintah melakukan pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pelayanan dapat terjadi dengan baik, efektif dan efisien apabila dikelola dengan teknologi yang canggih dan tepat.

Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti menjelaskan, perkembangan teknologi saat ini menuntut semua pihak untuk bergerak cepat. Setiap daerah berkeinginan mengubah sistem menjadi digital sehingga tata kelola menjadi baik, efektif, efisien, dan transparan.

Dengan sistem digital, lanjut Iis, layanan masyarakat menjadi cepat, pekerjaan menjadi akurat, dan menciptakan sistem yang accountable.

“Semoga Pemkab Buton kedepan dapat bekerjasama dengan PT. Telkom untuk mewujudkan Smart City di Buton,” kata mantan Anggota DPRD Buton ini.

Smart City Nusantara adalah upaya Telkom agar pemerintah daerah dapat mengembangkan dan mengimplementasikan konsep Smart City secara baik dan benar. Meski begitu tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat.

Kata Iis, Smart City akan membantu masyarakat umum dan para pelaku bisnis atau usaha yang membutuhkan pelayanan pemerintah agar lebih cepat, transparan sehingga menjadi lebih mudah.

“Hadirnya Smart City Nusantara oleh PT. Telkom ini selain membantu Indonesia untuk lebih go digital juga memberikan informasi dan edukasi kepada pemerintah daerah mengenai pentingnya digitalisasi dalam sistim pemerintahan. Sehingga implementasi IT (Ilmu Teknologi) dalam tata kelola pemerintah semakin terarah dan transparan,” ujarnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...