Tugu Brimob di Konut, Mengenang Perang Lawan Gerombolan DI/TII

1915
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol Merdisyam meresmikan tugu perjuangan Brimob di Desa Aseminunulai, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Jumat 03 Januari 2020.

Tugu perjuangan Brimob dibangun untuk mengenang perjuangan Brimob diawal tahun 1965, karena Konawe Utara pernah menjadi lokasi pertempuran antara gerombolan DI/TII yang dipimpinan Kahar Muzakkar.

- Advertisement -

Pembangunan tugu tersebut usai selama kurang lebih dua bulan, sejak bulan September 2019 lalu. Sebelum dibangun tugu itu, personel Brimob terlebih dahulu melakukan pembersihan sejumlah sisa amunisi yang diprediksi masih aktif peninggalan pertempuran tersebut.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengapresiasi peresmian Tugu Perjuangan Brimob di Kabupaten Konawe Utara. Lokasi ini, kata Ruksamin, Pemda Konut sudah menganggap wilayah ini merupakan hutan belantara. Namun pada moment bencana banjir terdapat informasi bahwa di lokasi Desa Aseminunulai masih ada situs dan sejarah perjuangan Brimob.

“Dengan kesadaran masyarakat Desa Aseminunulai menyampaikan kepada Pemda Konut dan memberikannya kepada Pihak Brimob, dengan adanya sebuah kekuatan bahwa wilayah ini akan dibangun Mako Brimob dan akses terbuka kembali,” jelas Ruksamin, Jumat 03 Januari 2020.

Pemda Konut sudah berkoordinasi dengan PLN untuk membuka jaringan di wilayah ini. Ruksamin juga mengucapkan terima kasih kepada Dansat Brimob karena melalui moment ini bisa pererat tali silaturahmi antara Brimob, Pemda Konut dan masyarakat.

“Kita tingkatkan pembangunan di wilayah ini. Rencananya akan dilakukan pengaspalan jalan dan pembangunan untuk Kantor Pemerintahan,” ujarnya.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga mengucapkan salam dan banyak terima kasih kepada semua unsur. Ini menjadi moment sejarah Brimob, karena atas bantuan dari masyarakat bisa terbangun Tugu Perjuangan Brimob.

“Tugu ini bukan saja Semen yang berdiri kokoh, tetapi ini merupakan inspirasi dalam memperingati pejuang Mobrig terdahulu. Sehingga rohnya bisa kita ambil dan mengimplementasikan dalam tugas,” ucap Adarma Sinaga.

Sambung Adarma Sinaga, dengan penghormatan para pelaku sejarah untuk bisa dikenang dalam wilayah memperjuangkan NKRI.

“Terima kasih kepada Bupati Konut dan jajarannya, walaupun hanya 3 hari disini tetapi kami bisa memetik sebuah harapan untuk memimpin wilayah Kabupaten Konut menjadi sejahtera, religius dan berdaya saing,” pungkasnya.

Adarma Sinaga menambahkan, Satuan Brimob Polda Sultra memberikan penghargaan yang tak terhingga kepada Bupati Konut dan masyarakat Desa Aseminunulai, semoga silaturahmi tetap terjalin. Bukan saja disini, tetapi berkepanjangan dan bisa saling menjaga muruah  kelembagaan.

Pembangunan tugu ini, mendapat respon positif dari masyarakat sekitar. Antusiasme masyarakat di Desa Aseminunulai ini dibuktikan dengan penyerahan hibah tanah seluas 33,247 hektar.

Tanah ini diserahkan Iangsung oleh Bupati Konawe Utara, Ruksamin kepada Dansat Brimob Sultra, Kombes Pol Joni Afrizal Syarifuddin waktu itu.

Direncanakan, tahun ini Brimob Sultra akan membangun Kompi Pelopor di Konawe Utara. Hal tersebut merupakan bagian dari bentuk sinergitas serta kolaborasi antara Polda Sultra beserta Pemerintah Kabupaten Konawe Utara.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...