Maju Pilkada Wakatobi, WON Terganjal Putusan MK Eks Terpidana Korupsi

615
 

Kendari, Inilahsultra.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Sulawesi Tenggara (Sultra) Wa Ode Nur Hayati (WON) digadang-gadang bakal maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Wakatobi.

Ketua TPD Partai Hanura Sultra Muttaqin menjelaskan, Wa Ode Nurhayati telah dipersiapkan Partai Hanura untuk maju dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Wakatobi. Namun, langkah mantan terpidana korupsi ini terhalang oleh peraturan Mahkamah Konstitusi (MK).

- Advertisement -

Putusan MK tersebut, lanjut Muttaqin,salah satu syarat bagi calon kepala daerah yang berstatus mantan terpidana korupsi harus menunggu masa jeda selama 5 tahun setelah melewati atau menjalani masa pidana penjara berdasarkan putusan yang telah inkracht.

“Putusan MK telah dikeluarkan dan berlaku 2019 lalu, tapi kita masih menunggu peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kalau memang diterapkan tahun ini, secara otamatis WON tidak bisa ikut dalam pilkada,” ujar Muttaqin, Selasa 7 Januari 2020.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, partai besutan Oesman Sapta Odang ini telah mengambil langkah dengan menyiapkan bakal calon alternatif untuk menggantikan WON

“Bisa jadi kita rekomendasikan Ketua DPC Hanura Wakatobi Alika Marhalim atau balon lain yang berpotesi,” jelasnya.

Lanjutnya, saat ini ada dua nama bakal calon Bupati yang mendaftarkan diri di Partai Hanura, yakni wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud dan H Haliana.

Terkait siapa yang akan didorong Partai Hanura dalam Pilkada 2020 di Wakatobi,  lanjutnya, belum bisa dipastikan karena masih ada proses yang harus dilewati seperti survei dengan melihat elektabilitas balon.

“Belum bisa kita pastikan siapa yang akan didorong nantinya, yang jelas semua harus menunggu hasil survei dan tergantung pada keputusan DPC Hanura Wakatobi dan DPD Hanura Sultra,” tutupnya.

Untuk diketahui Partai Hanura di DPRD Wakatobi memiliki 2 kursi, DPRD Muna 5 Kursi, DPRD Konawe Selatan 2 Kursi dan DPRD Konawe Utara 1 kursi.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...