Viral Video Babinsa : Alasan Beras Bisa Melenting dan Tak Berbau

1045
 

Kendari, Inilahsultra.com – Video berdurasi 2 menit 3 detik memperlihatkan oknum Babinsa 13 Koramil Poasia Kopda Harmin tengah membanting nasi yang telah dikepalnya.

Nasi tersebut terlihat melenting saat dibantingnya di atas meja. Selain itu, menurut Kopda Harmin, beras itu tak berbau seperti pada umumnya.

- Advertisement -

Namun demikian, berdasarkan hasil uji laboratorium Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kendari menyebut beras itu asli.

Plt Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sultra I Made Guyasa menyebut, beras itu memenuhi syarat dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti boraks dan formalin serta tidak terindikasi mengandung plastik.

Menurutnya, beras tersebut mengandung amilopektin dan amilosa yang dibolehkan. Jika amilosa beras di atas 25 persen, makan akan cenderung keras dan dibanting bisa melenting.

“Semakin tinggi kandungan amilopektin, maka beras tersebut mudah memantul atau melenting saat dibentuk menjadi bola dan dibanting,” katanya.

Ia berharap, segala hal yang masih diragukan kebenarannya, baiknya disampaikan kepada pihak yang memiliki kewenangan untuk menilai palsu atau bukan.

“Video yang telah meresahkan masyarakat dalam menimbulkan kekhawatiran seharusnya diklarifikasi dulu ke instansi terkait sebelum diviralkan,” imbuhnya.

Senada Kepala Balai Pom Kendari Firdaus Umar. Ia meminta masyarakat tidak terpancing dengan informasi yang belum benar.

“Bila mencurigai adanya bahan makanan berbahaya, maka bisa menanyakan langsung atau membawa sampel ke unit pelayanan konsumen di BPOM Kendari,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kopda Harmin mengaku keliru atas informasi yang terlanjur tersebar di media sosial.

“Saya minta maaf sebesar-besarnya atas kecerobohan dan kelalaian saya ini,” ujarnya.

Sebelumnya, video Babinsa Koramil 13 Poasia Kota Kendari beredar di media sosial pada Selasa 7 Januari 2020.

Di video itu, Harmin membanting nasi yang telah dibuat jadi bulatan ke atas meja.

“Ini beras palsu. Melenting. Saya cium tidak ada bau berasnya. Kalau dibiarkan berlarut-larut, kasian masyarakat kita. Saya sebagai Babinsa, saya harus menjaga masyarakat saya,” kata Kopda Harmin dalam video itu.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...