“Saling Menumbuhkan”, Upaya “Dersana” Menumbuhkan Cinta Kasih

393
Riqar Manaba. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Dersana yang kini jadi project musik tunggal Riqar Manaba baru saja merilis official video lyric single bertajuk “Saling Menumbuhkan” di channel youtube DERSANA MUSIC pada 11 Januari 2020. Single tersebut merupakan hasil kolaborasi Riqar Manaba bersama penyair Irianto Ibrahim.

-Advertisements-

“Saling Menumbuhkan” adalah single kedua dari Dersana. Mulanya, Dersana merupakan project musikalisasi puisi Riqar Manaba, Topan Megabayu, dan Ai Rocksmith. Namun, karena kedua rekannya tengah sibuk mengerjakan album di bandnya masing-masing, Riqar Manaba yang masih menunggu satu rekannya untuk kembali mengerjakan album ke dua di band Ujung Titik, diamanahi untuk meneruskan misi Dersana dalam mengenalkan sastra ke permukaan lewat musik dan lagu-lagu daerah Sulawesi Tenggara.

Lagu “Saling Menumbuhkan” lahir dari intensnya diskusi Riqar di halaman belakang The La Malonda Institute, sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang seni, budaya, dan sastra berpusat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Pada sekitar September-November 2019, saya banyak menghabiskan waktu di halaman belakang. Di tempat itu, saya diskusi banyak (menimbah ilmu) dengan Kak Irianto Ibrahim serta kawan-kawan yang lain. Diskusi kami seputar kesenian, budaya, sastra hingga industri kreatif. Singkatnya, dari diskusi, ada semacam keresahan bersama bahwa seni budaya, sastra dan industri kreatif sulit maju jika para kreator ingin tumbuh dan besar sendiri. Rasanya perlu mendorong ke permukaan upaya untuk mari kita semua saling menumbuhkan. Mengeksekusi hasil diskusi, saya meminta penyair Irianto Ibrahim untuk menulis syair terkait keresahan tersebut untuk saya lagukan. Jadilah single ini,” kata Riqar Manaba dalam rilisnya, Sabtu 11 Januari 2020.

Pada proses pengerjaannya, setelah Riqar Manaba membentuk nada awal, pada tahap kedua ia dibantu oleh Ai Rocksmith sebelum lagunya dibawa ke studio rekaman.

Lagu ini direkam di Cave Record Kendari. Di studio tersebut Aden Asharie bertindak sebagai produser. Beberapa part gitar diisi oleh Uccu After Rain. Dentingan keyboard diselimuti oleh Yoel Zakka yang juga bertindak sebagai pengeksekusi video lirik Saling Menumbuhkan.

Terkait pengerjaan album Dersana yang masih tertunda penyelesaiannya, Riqar Manaba yang kini sendiri kerja ekstra keras untuk menyelesaikan ke sembilan lagu yang perlahan telah dicicil dengan dua single yang telah dirilis.

“Saya sepertinya akan mengurangi nongkrong. Lagu-lagu berikutnya secara penggarapan terbilang ruwet. Untuk musik puisi berikutnya materinya sudah selesai. Sisa pada bagian lagu-lagu daerah Sulawesi Tenggara. Nada-nada etnik kurang akrab bagi saya. Rencananya mau dieksekusi jadi semacam pop rock etnik begitu. Entah bagaimana jadinya nanti. Mohon saja doanya. Semoga tahun ini bisa selesailah album “Dua Ranah”.

LIRIK SALING MENUMBUHKAN

Berkarya untuk kemanusiaan

Menanam benih kasih sayang

Dengan cinta dengan harapan

Agar tumbuh pohon kehidupan

Pohon yang rindang

tempat bernaung

Bagi jiwa yang merdeka

Bagi hati yang terbuka

Bagi mata batin kita

Jalan ini kami pilih

Menghidupkan cinta kasih

Untuk merawat ingatan

Erat saling menumbuhkan

Editor : Pandi

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...