BMKG Kembali Ingatkan Warga Sultra Potensi Banjir

727
 

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan warga Sultra untuk mewaspadai potensi bencana banjir dan tanah longsor dalam beberapa hari ke depan.

Forecaster on Duty BMKG Kendari Ekawati Natalia Mulyadi, S.Tr mengatakan, secara umum hari tanpa hujan pada awal Januari 2020, untuk sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara mengalami hari tanpa hujan kategori sangat pendek (1- 5 hari).

- Advertisement -

“Terdapat beberapa wilayah masih mengalami hujan hingga updating terakhir,” katanya, Senin 13 Januari 2020.

Secara umum, lanjut dia, sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara pada awal Januari 2020 mengalami curah hujan kategori menengah.

Beberapa wilayah mengalami curah hujan kategori tinggi (151 – 300 mm) yakni di wilayah Konawe Utara, sebagian Konawe, sebagian Kolaka Utara, sebagian Kolaka, sebagian Baubau dan Wakatobi.

“Pada pertengahan Januari 2020 pada wilayah Sulawesi Tenggara diprediksi berpeluang tinggi mengalami curah hujan kategori menengah untuk semua wilayah di Sulawesi Tenggara,” lanjutnya.

Ia mengaku, secara umum wilayah Sulawesi Tenggara pada pertengahan Januari 2020 hingga pertengahan Februari 2020, diprakirakan akan mengalami curah hujan kategori menengah (51-150 mm) hingga tinggi (151-200 mm).

“Terutama untuk sebagian wilayah Konawe Utara diprakirakan akan mengalami hujan kategori Tinggi (151-200 mm),” bebernya.

Ia mengimbau, seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara diharapkan terus waspada terhadap potensi hujan lebat, petir, dan angin kencang yang mungkin terjadi di musim penghujan.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...