10 Kelompok Nelayan di Wakatobi Terima Bantuan Perahu

944
 

Wakatobi, Inilahsultra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi menyalurkan bantuan 10 unit perahu tangkap berukuran dibawah 3 GT. Bantuan diberikan kepada 10 kelompok nelayan di empat Pulau Wakatobi.

Kepala Bidang (Kabid )Pengembangan Kawasan Budidaya dan Perbenihan Ikan DKP Wakatobi Syahbuddin mengungkapkan, bantuan yang diturunkan oleh pemerintah pusat itu diberikan kepada Pemkab Wakatobi lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 berbentuk paket.

- Advertisement -

Setiap kelompok nelayan, lanjut dia, menerima bantuan satu paket. Dalam artian bahwa selain dilengkapi dengan mesin tempel berkekuatan 20 PK persatu unit perahu, juga dilengkapi sarana pendukung lainnya. Berupa 40 bungkus alat tangkap jaring, 4 seragam baju pelampung, serta satu jangkar dan tali.

“Kalau dihitung keseluruhan, kapal 10 unit, jaring 400 bungkus dan baju pelampungnya 40,” terang Syahbuddin di ruang kerjanya.

Menurut Syahbuddin, sepuluh kelompok nelayan Wakatobi penerima bantuan, tersebar diempat Pulau Wakatobi. Yakni 3 kelompok di Pulau Wangi-wangi, 3 kelompok di Kaledupa, 2 kelompok di Tomia, serta 2 kelompok lainnya di Pulau Binongko.

“Kelompok nelayan penerima bantuan merupakan binaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) DKP Wakatobi di setiap masing-masing Pulau. Mereka ini tidak berbentuk koperasi, namun melalui penetapan kepala desa. Lalu diusulkan ke sini (DKP), lalu kemudian diusulkan ke pusat,” ujarnya.

Dia berharap, para kelompok nelayan menggunakkan bantuan yang diberikan daerah sebaik mungkin.

“Pada berita acara penyerahan bantuan, mereka juga sudah membuat pernyataan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kalau tidak dimanfaatkan sesuai isi pernyataan, maka itu bisa kita tarik untuk diberikan kepada kelompok lain,” tegasnya.

Reporter: La Ode Samsuddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...