Masyarakat Wakumoro Protes Transparansi Dana Desa

1867
 

Kendari, Inilahsultra.com – Forum Aspirasi Masyarakat (Frasa) Desa Wakumoro, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) turun ke jalan meminta transparansi pengelolaan Dana Desa (DD), Selasa 14 Januari 2020.

Kordinator lapangan La Ode Muh Rifaldi mengatakan, pengelolaan dana desa di Desa Wakumoro terkesan tidak transparan dan tidak adanya informasi rencana anggaran biaya (RAB).

- Advertisement -

Untuk itu, Frasa meminta Pemerintah Desa (Pemdes) Wakumoro transparan dan terbuka di depan umum dalam pengelolaan dana desa.

Frasa juga meminta Pemdes Wakumoro agar informasi RAB pembangunan infrastruktur pemadian Fotuno Rete Desa Wakumoro yang menelan biaya sebesar Rp 413 juta harus terbuka dan transparan pengalokasian anggarannya.

“Frasa meminta kepada Pemdes Wakumoro agar rancangan RAB tentang pembangunan pagar kolektif yang tidak punya asas manfaat harus tranparan dan terbuka. Tidak dibukanya RAB. Kami menduga ada indikasi kecurangan seperti korupsi  dalam pengelolaan dan pengelokasian Dana Desa,” ujar La Ode Muh Rifaldi saat menyampaikan orasinya.

Sementara itu, Plt Kepala Desa Wakumoro La Salama mengaku, RAB Dana Desa tidak bisa dibuka depan umum, karena sifatnya dirahasiakan.

“Bisa mengeluarkan dan membuka RAB terkecuali desa-desa lain mau menunjukan RAB kepada masyarakat, dan bisa memperlihatkan RAB harus ada surat rekomendasi dari BPMD,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...