Desa Walando Buteng Kelola Tebing Jadi Lokasi Wisata Menarik

250
 

 

Bupati Buton Tengah Samahuddin saat meresmikan objek wisata TWI, Kamis 16 Januari 2020.

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah membangun obyek wisata Tebing Walando Indah (TWI). Obyek wisata yang terletak di Desa Walando ini diyakini akan mampu menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Nantinya, setiap pengunjung di objek wisata tersebut bakal di pungut retribusi untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Advertisements

Objek wisata yang terletak di atas tebing Desa Walando Kecamatan Gu itu dibangun menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2018 dan 2019. Jaraknya tidak jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Buton Tengah di Labungkari.

Bupati Buton Tengah Samahuddin bersama Wakilnya La Ntau menandatangani sekaligus meresmikan wisata Tebing Walando Indah, Kamis 16 Januari 2020.

Samahuddin dalam sabutannya mengatakan, dengan adanya objek wisata baru tersebut diyakini bakal meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Tempat wisata baru ini memiliki keunikan karena terletak diatas tebing. Keindahan dapat, dan keanekaragaman kekayaan alam, budaya dapat di manfaatkan menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan,” ungkapnya.

Samahuddin mengaku sangat bangga dan sangat mengapresiasi Kepala Desa Walando. Sebab mampu membuat inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini sangat luar biasa karena dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, kita harapkan kepala desa yang lainnya bisa berkreatifitas, agar desanya bisa menghasilkan PAD,” tuturnya.

Kepala Desa Walando Mursidi menjelaskan, pembangunan objek wisata buatan tersebut menggunakan anggaran tahun 2018 dan 2019 sebanyak Rp 753 juta.

Pihaknya akan terus meningkatkan objek wisata tersebut karena diyakini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Desa Walando

“Kita telah melakukan uji coba, mulai dari pengelolaannya hingga menguji banyaknya pengunjung dalam sehari. Alhamdulillah di hari pertama pembukaan Objek wisata ini kita bisa menghasilkan pendapatan desa mencapai Rp 8 juta. Ini bakal terus ditingkatkan demi kesejatraan masyarakat Desa Walando,” paparnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...