Pelaku Skimming Nasabah BNI Kendari Diduga dari Luar

817
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pelaku skimming terhadap rekening nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) Kendari diduga berasal dari luar Sulawesi Tenggara.

Hal itu diungkapkan Humas Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Dedi Prasetyo, Rabu 22 Januari 2020.

- Advertisement -

Dalam rilisnya, sehubungan dengan kasus skimming yang menimpa nasabah BNI khususnya yang ada di Kendari, Bank Indonesia sudah melakukan koordinasi dengan pihak bank.

Sesuai hasil koordinasi tersebut dapat disampaikan bahwa BNI siap bertanggungjawab atas kerugian yang dialami oleh nasabah akibat kejadian tersebut.

Untuk proses penggantian kepada nasabah dapat menghubungi bank melalui jaringan kantor yang ada. Sejauh ini upaya penyelesaian kerugian sudah dijalankan oleh BNI.

“Sejalan dengan upaya tersebut, saat ini pihak bank sedang melakukan investigasi terhadap pelaku skimming yang diduga berasal dari luar Sultra,” katanya dalam rilis tertulisnya.

Untuk menghindari terulangnya kejadian ini, BI mengimbau kepada perbankan untuk meningkatkan pengamanan fasilitas ATM dengan memastikan adanya CCTV dan penerangan yang cukup serta melakukan pemantauan/patrol ATM.

“Kepada nasabah/masyarakat diminta untuk turut memperhatikan mesin ATM pada saat akan melakukan penarikan dan melaporkan jika menemukan benda yang tdk lazim di mesin ATM,” bebernya.

Ia juga meminta agar nasabah menghindari penarikan di mesin ATM yang berada di tempat sepi dan penerangannya kurang.

“Jaga kerahasiaan PIN pada saat transaksi dengan menutup jari pada saat memasukkan PIN. Skimming tidak bisa dilakukan jika pelaku tidak mengetahui PIN korban. Ganti PIN secara berkala dan jaga kerahasiaan data nasabah dari pihak yang tidak jelas asal usulnya,” tuturnya.

Ia menyebut, tipe kartu yang mengalami skimming adalah kartu jenis chip yang dikombinasikan dengan magnetic stripe di belakangnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...