Warga Watopute Tagih Janji Rusman soal Air Bersih

1069
 

Raha, Inilahsultra.com– Sejumlah masa aksi yang mengatasnamakan Konsorsium Pemuda Kecamatan Watopute (KPKW) mendatangi kantor Bupati Muna, Selasa 22 Januari 2019.

Kedatangan KPKW itu terkait janji Bupati Muna LM Rusman Emba soal pengadaan air bersih kepada masyarakat Kecamatan Watopute yang sampai saat ini belum juga terealisasi.

- Advertisement -

Koordinator lapangan, Jomo Akhir mengatakan, proyek pengerjaan dan pengadaan air bersih di Kecamatan Watopute sebelumnya sudah dikerjakan. Namun sampai saat ini air bersih belum mengalir ke rumah masyarakat.

“Pengerjaan proyek pengadaan air bersih di Watopute mangkrak,” kata Jomo dalam aksinya, Selasa 22 Januari 2020.

Padahal, kata dia, pemerintah sudah menggarap beberapa mata air namun sampai saat ini belum ada yang berfungsi dengan baik.

Ia menyebut, diantaranya sumber mata air Jini yang sudah memakan anggaran begitu banyak namun sekarang tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, sumber air Matampangi yang lebih dari sekali tahapan penganggaran belum juga berfungsi sama sekali.

“Termasuk mata air Rawah yang rencananya memenuhi kebutuhan se-Kecamatan Watopute namun kenyataan sama sekali tidak merasakan. Padahal kebutuhan air bersih adalah kebutuhan yang paling mendasar yang mesti dipenuhi segera,” jelasnya.

Untuk itu, pemuda yang tergabung dalam KPKW menuntut DPRD Muna agar segera memberikan kejelasan persoalan polemik air bersih di Kecamatan Watopute.

“Kami juga meminta kepada Bupati Muna selaku pucuk pimpinan tertinggi di Kabupaten Muna bertanggung jawab penuh atas polemik air bersih di kecamatan watopute,” tegasnya.

Sayang, kehadiran massa ini tidak ditemui Bupati Muna LM Rusman Emba.

“Tidak mau menemui kami dengan alasan keluar daerah. Tetapi saat kita melakukan aksi di DPRD Muna (Senin, 21 Januari 2020) kita ditemui langsung komisi III. Rencananya kemarin (Selasa) komisi III akan turun langsung investigasi di mata air Jini,” kata Ahmad Zulfikar.

“Ini juga salah satu janji Bupati Muna saat Pilkada 2015 lalu untuk mengalirkan air bersih di kecamatan watopute,” tambahnya.

Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, massa akan kembali demo Kantor Bupati Muna.

Penulis : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...