Abu Hasan Ingatkan Diskop Perkuat Koperasi di Butur

329
 

Buranga, Inilahsultra.com-Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan mengingatkan Dinas Koperasi (Diskop) setempat untuk menjaga kesehatan lembaga koperasi dan terus dikembangkan.

Pasalnya, koperasi ialah salah satu lembaga keuangan yang beranggotakan perorangan berbadan hukum dan tujuannya mensejahterakan anggotanya.

- Advertisement -

Kata Abu Hasan, Koperasi sehat, makan sudah tentu anggota sejahtera, serta ekonomi desa tumbuh dan menopang ekonomi daerah. Olehnya itu, terang Abu Hasan urus koperasi harus ekstra sabar.

“Kita butuh waktu, kita butuh pengorbanan dan energi. Saya minta Dinas Koperasi untuk terus menjaga lembaga koperasi ini, dan mendukung perkembangannya,” tutur Abu Hasan pada saat memberikan sambutan di Rapat Anggota Tahunan ke II Koperasi Simpan pinjam Pelita Ibu Sejahtera Desa Dampala Jaya, dan KSP Restu Ibu Mandiri Desa Mekar Jaya, dan KSP Mawar Indah Desa Kasulatombi, Kecamatan Kulisusu Barat, Rabu 29 Januari 2020.

Abu Hasan menjelaskan, terdapat empat masalah dalam kelembagaan koperasi, yakni masalah kelembagaan karena kelembagaan tidak terjaga eksistensi dan kesinambungan usaha-usaha sehingga kelembagaan koperasi ini harus menjadi bagian dinas koperasi untuk terus dijaga agar tetap eksis dan berkesinambungan.

Kemudian, persoalan admistrasi dan laporan. Terkadang, lengah di admistrasi karena tidak ada sistem administrasi yang tertib di kantor koperasi dan yang paling penting mengenai pelaporan harus ada.

Berikutnya, masalah jenis usaha berupa koperasi produksi, ada koperasi konsumsi, dan koperasi simpan pinjam. Sebetulnya, tutur dia, pergerakan yang cepat simpan pinjam kalau anggotanya konsisten.

“Koperasi harus pandai-pandai memilih usaha, dan menjaga kesehatan koperasi kita sehingga keberadaannya terus berjalan dan terus berkembang,” imbuhnya.

Rapat bertema penguatan koperasi mendukung pertumbuhan ekonomi menuju desa mandiri dan sejahtera tersebut, dihadiri Bupati Butur Abu Hasan, didampingi Ketua Penggerak PKK Butur Sitti Rabiah Abu Hasan, dan semua anggota organisasi perangkat daerah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...