Hari Kedua Ujian SKD CPNS Butur, Sudah 371 Peserta Lewati Passing Grade

2314
 

Buranga, Inilahsultra.com-Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buton Utara (Butur) sudah memasuki hari kedua, Jum’at 31 Januari 2020.

Pada ujian SKD hari pertama, ada 204 peserta yang berhasil menaklukan passing grade (PG). Untuk hari kedua yang lulus pasing grade sebanyak 167. Sehingga total yang sudah lulus PG sebanyak 371 orang.

- Advertisement -

Tes hari kedua dibagi menjadi empat sesi. Untuk sesi pertama yang lulus passing grade sebanyak 41 orang, sesi kedua 38 orang, sesi ketiga sebanyak 48 orang . Sedangkan sesi keempat, yang lulus 40 orang.

Kondisi ini berbeda jauh dengan ujian SKD tahun lalu. Pasalnya, berdasarkan data yang dimiliki redaksi Inilasultra.com, ujian CPNS Butur yang dilaksanakan di UPT BKN Kendari kalah itu, pada hari kedua baru enam orang yang lulus passing grade. Di mana hari pertama sebanyak 4 orang, sisanya di hari kedua.

Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kedudukan Hukum BKPSDM Butur La Ode Sajali mengatakan, sangat bersyukur atas perolehan dicapai para peserta karena telah berhasil menaklukan passing grade.

“Para peserta yang akan lulus SKD masih akan banyak lagi, karena ini masih tiga hari lagi. Bisa jadi, ada lagi peserta yang melebihi perolehan nilai tertinggi sementara,” ujarnya.

Menurut dia, banyaknya peserta yang lulus, bisa jadi ada beberapa faktor, salah satunya karena adanya penurunan passing grade dibanding tahun lalu.

Di mana, dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 24 Tahun 2019 Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS tahun 2019 dijelaskan, nilai ambang batas yang digunakan berbeda dan lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada TKP, tahun ini BKN mematok nilai ambang batas 126. Nilai itu turun dari tahun sebelumnya yakni 143. Sementara untuk TWK nilainya menjadi 65 dari sebelumnya 75. Sedangkan untuk TIU, tak ada penurunan nilai ambang batas, alias tetap 80.

Kemudian, faktor kedua terang dia, karena peserta sudah betul-betul siap untuk mengikuti ujian kali ini, dengan terus belajar dan memompa kemampuan dirinya dengan mengerjakan soal-soal latihan CPNS.

Para peserta CPNS yang berhasil melewati SKD, akan diperhadapkan kembali dengan ujian SKB. Meski demikian, nantinya akan dilakukan perengkingan terlebih dahulu, yang disesuaikan dengan kebutuhan kuota yang dilamar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menjadwalkan ujian SKD dengan CAT di Butur selama lima hari, mulai tanggal 30 Januari hingga 3 Februari 2020.

Kabupaten Butur sendiri mendapat kuota CPNS sebanyak 183 orang, dengan rincian, Guru (tenaga pendidik) sebanyak 84 orang, tenaga kesehatan 76 dan tenaga teknis 23 orang. Setelah melalui tahap verifikasi berkas, peserta CPNS Butur yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 3.520 orang.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...