Takut Virus Corona, Kader Minta Kongres PAN di Kendari Dibatalkan

1684
 

Kendari, Inilahsultra.com – Adanya virus corona yang mewabah di China, turut menghantui proses Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) yang sedianya akan digelar di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Eks Wasekjen PAN 2010-2015 Sulistyowati menyebut maraknya virus Corona membuat sejumlah kader PAN khawatir atas pemilihan Kendari sebagai lokasi kongres PAN. Sejumlah kader dan calon peserta kongres PAN meminta lokasi pelaksanaan kongres PAN ini ditinjau ulang.

- Advertisement -

“Tentang Kendari sebagai lokasi kongres PAN harus ditinjau ulang karena sebagaimana kita ketahui, pendatang baik sebagai pekerja maupun wisatawan jumlahnya beribu-ribu ke Sulawesi Tenggara berasal dari China. Padahal Kita ketahui saat ini virus mematikan Corona berasal dari Negeri Tirai Bambu. Maka potensi virus terbawa ke Tanah Air sangat besar,” kata Sulistyowati dalam keterangannya seperti dikutip dari laman detik.com, Jumat (31/1/2020).

Sulistyowati, yang juga tim sukses caketum Asman Abnur, menuturkan tidak hanya pemerintah, partai juga harus melindungi kader-kader terhadap potensi virus Corona yang menyerang karena kader-kader berdatangan ke Kendari untuk melakukan kongres.

“Haruskah menunggu kongres berjatuhan? Naudzubillahimindzalik,” katanya lagi.

Loyalis Hatta Rajasa ini memandang lokasi paling pas untuk kongres PAN justru di Jakarta. Menurutnya, Jakarta adalah tempat yang sangat representatif untuk berkongres. Apalagi keputusan pemilihan lokasi kongres juga dinilai masih diperdebatkan karena pengambilan keputusannya dinilai tidak sesuai dengan mekanisme partai, yaitu melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PAN.

“Keputusan tersebut nyata-nyata telah melanggar Pasal 20 ayat 1 Anggaran Dasar PAN yang berbunyi ‘Dewan Pimpinan Partai berwenang menetapkan kebijakan dan melakukan tindakan sesuai keputusan partai yang ditetapkan dalam permusyawaratan dan rapat-rapat’,” beber Sulistyowati.

“Bahwa keputusan tersebut tidak hanya melanggar Pasal 20 ayat 1 Anggaran Dasar Partai Amanat Nasional tetapi juga Pasal 34 ayat (3) Anggaran Rumah Tangga Partai Amanat Nasional, yang berbunyi ‘Peserta rapat harian adalah semua unsur Pengurus Harian, Dewan Pimpinan Partai, Pimpinan fraksi di lembaga legislatif, kecuali dalam fraksi gabungan maka dihadiri oleh salah seorang anggota legislatif’,” jelas Sulistyowati.

Sebelumnya, Wasekjen PAN Saleh Partaonan mengatakan DPP PAN menyepakati kongres PAN digelar di Kendari pada 10-12 Februari mendatang. Saleh mengatakan pemilihan Kendari sebagai lokasi kongres memiliki dua pertimbangan. Pertama, DPW Sulteng menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD Provinsi, dan alasan kedua, Kendari dinilai dapat dijangkau oleh semua kader PAN.

“Kemudian yang kedua, selama ini pelaksanaan kongres itu ada di Indonesia barat dan tengah. Sekarang agar syiarnya lebih luas, agar terjangkau masyarakat kita membuat di Indonesia timur. Ini adalah permintaan teman-teman juga untuk melaksanakan di Indonesia timur,” sambungnya.

Selain itu, Saleh menyebut hasil keputusan memilih waktu dan lokasi kongres telah disepakati seluruh pengurus PAN. Semua pendukung kandidat caketum pun telah menyepakati hasil tersebut.

Editor : Fandi

Berita ini pertama kali naik di laman Detik.com dengan judul : Khawatir Virus Corona, Kongres PAN Diminta Pindah dari Kendari.  https://news.detik.com/berita/d-4879024/khawatir-virus-corona-kongres-pan-diminta-pindah-dari-kendari

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...