Stok Buku Nikah di Wakatobi Kurang, Kuota 500 Diprediksi sampai November 2020

1234
Ilustrasi
Bacakan

Wakatobi, Inilahsultra.com – Stok buku nikah yang tersedia di kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Wakatobi sebanyak 500 pasang. Jumlah ini diperkirakan terpakai hingga bulan November 2020.

-Advertisements-

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Kemenag Kabupaten Wakatobi Mashudin mengatakan, prediksi itu berdasarkan analisis fenomena pernikahan yang terjadi pada tahun 2019.

“Stok buku nikah ada ketersediaan, tetapi tidak mencukupi peristiwa nikah kalau kita hitung berdasarkan dengan peristiwa nikah tahun kemarin (Tahun 2019) sebanyak 960 pasang,” ungkapnya, Jumat 31 Januari 2020.

Stok buku nikah tersebut, jelas Mashudin, berdasarkan pembagian dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra.

Sehingga untuk mengatasi kekosongan, Kemenag Kabupaten Wakatobi telah melakukan pengusulan penambahan sebanyak 500 pasang lagi tahun ini.

“Kami sudah komunikasi dengan pihak Kanwil, kami diberikan 1000 pasang buku nikah. Karena selama beberapa tahun ini kami hanya diberikan stok sebanyak 500 pasang,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Mashudin, pihaknya juga akan menambahkan dari tahun ke tahun stok buku nikah di Wakatobi. Sebab selama ini tidak pernah mengalami permasalahan. Pasalnya sebelum kehabisan stok pihaknya sudah melakukan pengusulan.

“Stok dalam pembagian dari Kanwil satu tahun itu dua kali. Jadi ketika dia kurang kita minta lagi. Tapi kalau sekarang belum kecuali bulan September atau bulan Oktober kita ajukan permintaan lagi,” paparnya.

Sementara itu, pernikahan pada tahun 2019 yang paling banyak terjadi di Kantor Urusan Agama (KUA) Wangiwangi sebanyak 287 pasang. Diikuti dengan KUA Wangi-wangi Selatan sebnyak 235 pasang.

KUA Kaledupa 89 pasang, KUA Kaledupa Selatan 63 pasang, KUA Tomia 61 pasang, KUA Tomia Timur 91 pasang, KUA Binongko 89 pasang, dan KUA Togo Binongko 49 pasang.

“Kan kita ini punya data nikah di luar kantor dan di dalam kantor dan isbak. Jadi total untuk tahun 2019 sebanyak 960 peristiwa pernikahan,” tandasnya.

Reporter: La Ode Samsuddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...