Tiga Mahasiswa Konut di China Pulang ke Indonesia Pekan Lalu Tanpa Evakuasi 

640
 

Kendari, Inilahsultra.com – Tiga orang mahasiswa asal Kabupaten Konawe Utara (Konut) dikabarkan telah pulang ke kampung halamannya sejak satu minggu lalu.

Kepulangan mereka diungkapkan Kabag Humas Pemda Konut La Ode Aminuddin, Minggu 2 Februari 2020.

- Advertisement -

Ia menyebut, sebanyak 10 mahasiswa asal Konut menempuh studi di China. Mereka berada di dua kampus berbeda. Tujuh diantaranya masih enggan pulang, sementara tiga orangnya sudah pulang namun tanpa evakuasi dari pemerintah.

Ia menyebut, tiga orang mahasiswa yang telah pulang pekan lalu itu adalah Putri Yocphita Tri Resky, Aziza Arista Widya dan Fingki Dwi Salas.

Ketiganya kuliah di Hubei University of Arts And Science dan tinggal di Kota Xiangyang Provinsi Hubei.

“Mereka sudah pulang dan sekarang berada di Konawe Utara sini. Sudah pulang sejak minggu lalu,” jelasnya.

Ia melanjutkan, kepulangan tiga mahasiswa ini merupakan salah satu upaya dari Pemda Konut yang meminta agar mahasiswa yang berada tak jauh dari Kota Wuhan, untuk segera balik ke Indonesia menyusul wabah virus corona.

“Pak bupati sudah instruksikan kepada kadis Pendidikan dan Kebudayaan untuk berkoordinasi dengan kampus mereka agar segera dipulangkan,” jelasnya.

Ia mengaku, ketiga mahasiswa itu pulang setelah turut diketahui oleh Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing China.

Meski demikian, ketiganya diduga pulang begitu saja tanpa ada karantina atau observasi dari petugas medis untuk mengecek apakah terpapar virus corona.

“Mereka baik-baik saja dan tidak ada masalah,” imbuhnya.

Ia menyebut, meskipun mereka berada satu provinsi dengan Kota Wuhan, di Provinsi Hubei, namun jaraknya cukup jauh, yakni 200 kilometer. Sehingga dapat dimungkinkan tempat mereka tidak terpapar virus mematikan tersebut.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...