Dinkes Buteng Alokasikan Rp 12 Miliar Untuk BPJS Kesehatan

289
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 12 Miliar untuk membayar iuran ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Anggaran tersebut ditanggung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng melalui APBD Tahun anggaran 2020. Pemkab Buteng menalangi pembayaran peserta kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Tahun ini kita anggarkan Rp 12 Miliar dari APBD Buteng tahun 2020,” ungkap Kepala Dinkes Buteng Kasman saat di temui di kantor DPRD Buteng, Senin 3 Februari 2020.

Anggaran tersebut sudah termasuk penambahan karena mulai 1 Januari 2020 lalu, iuran peserta BPJS akan dinaikan 100 persen. Hal ini berdasarkan Perpres Nomor 75 Tahun 2019 tentang perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Termasuk iuran peserta PBI yang ditanggung pemerintah daerah.

“Tahun lalu anggaran untuk BPJS Rp 6 Miliar, karena ada penambahan jadi kita angarkan lagi hinga mencapai total Rp 12 Miliar,” bebernya.

Anggaran tersebut membiayai sebanyak 25.000 jiwa yang memiliki kartu BPJS yang berdasarkan kategori PBI.

“Peserta penerima bantuan itu berdasarkan komitmen pemerintah daerah untuk menjamin kesehatan warga miskin dan kurang mampu di Buteng,” ucapnya.

Kasman mengatakan, bukan hanya APBD saja yang membiayai BPJS Kesehatan di wilayah Buteng. Ada juga peserta mandiri dan peserta yang dibiayai dari APBN.

“Total keseluruhannya nanti ada di BPJS Kesehatan saja,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...