Basarnas Kendari Ajarkan Murid SD Cara Selamatkan Diri saat Bencana

224
 

Kendari, Inilahsultra.com – Basarnas Kendari mengajarkan murid sekolah dasar (SD) cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana, Kamis 6 Februari 2020.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Basarnas Kendari “SAR Goes To School”.

- Advertisement -

Kepala Kantor Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja tahunan untuk memperkenalkan pengetahuan SAR kepada seluruh lapisan masyarakat dengan msauk di sekolah-sekolah.

“Tujuannya adalah masyarakat paham betapa pentingnya mengutamakan keselamatan serta paham dalam menghadapi musibah alam yang tidak pernah kita ketahui kapan datangnya,” katanya.

Salah satu sekolah yang Basarnas Kendaari kunjungi kali ini adalah Sekolah Luar Biasa B-F Mandara yang masih berada di Kota Kendari. Peserta didik yang dilibatkan jumlahnya 100-an terdiri dari murid SD, pelajar SMP dan siswa SMU.

Dalam kegiatan ini, materi yang dibawakan adalah medical first responder(MFR) yaitu penanganan pertama perdarahan dan syok.

“Siswa diajarkan penanganan pertama pada luka dan materi tentang bencana gempa,” bebernya.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan mengadakan simulasi gempa dimana setiap peserta didik diajarkan apa dan berbuat apa pada saat terjadi gempa hngga menuju titik aman di area sekolah.

Tak hanya itu, Kepala Kantor Basarnas Kendari juga turut menyerahkan beberapa buku pertolongan kepada pihak sekolah termasuk buku tulisan braille untuk penyandang tuna netra

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...