Siapkan Anggaran Miliaran, Dinas Parekraf Buteng Genjot Promosi Wisata

966
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Paiwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) terus berupaya mengenjot pariwisata demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Parekraf Buteng Wujuddin mengatakan, akan mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Buteng menggunakan sistim digital berbasis internet. Sistem literasi digital dipilih karena aksesnya lebih luas.

- Advertisement -

“Kita lagi merancang website untuk melakukan promosi di media sosial (Medsos). Medsos diyakini adalah langkah yang tepat untuk melakukan pemasaran maupun promosi di era digital ini. Dengan website itu nantinya kita bisa melihat semua obyek wisata di Kabupaten Buton Tengah,” bebernya.

Sebelumnya, lanjut dia, memang sudah ada website Dinas Parekraf. Namun website tersebut sudah tidak berfungsi.

“Untuk sementara kita masih meminta sub domain dari Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Buton Tengah,” urainya.

Kata Wujuddin, Buton Tengah kaya akan potensi wisata, baik wisata alam, wisata bahari, wisata gua, dan wisata religi. Semua objek itu ada yang dibuat pemerintah daerah dan pemerintah desa.

Selain mengunakan promosi melalui digital, kata dia, Dinas Parekraf Kabupaten Buton Tengah juga mendapatkan anggaran bantuan dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mengembangkan dan membuat akses menuju objek wisata.

“DAK tahun ini sebanyak Rp 3,6 Miliar untuk pembangunan fisik di objek-objek wisata yang ada di Buton Tengah,” jelasnya.

Sementara untuk dana APBD tahun 2020, Wujuddin merinci, akan digunakan untuk pengembangan pemasaran. Tahun ini disiapkan Rp 212 juta.

Selanjutnya, untuk pengembangan destinasi wisata anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 4,5 Miliar, termasuk pembuatan sarana dan prasarana pariwisata. Sementara untuk pengembangan ekonomi kreatif dianggarkan sebanyak Rp 330 Juta.

Meski anggaran tersebut masih kecil, Wujuddin tetap optimis bisa mengembangkan pariwisata untuk menarik wisatawan berkunjung di Kabupaten Buton Tengah.

Menurut Wujuddin, saat ini objek wisata yang sering dikunjungi baik wisatawan lokal maupun luar daerah yakni Pantai Mutiara di Kecamatan Mawasangka.

Makanya, Dinas Parekraf akan melakukan promosi dan berencana melakukan pelatihan ekonomi kreatif disana. Sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar dapat ditingkatkan.

“Disana kalau untuk hari Sabtu dan Minggu, pengunjung itu bisa mencapai seribu tiap minggunya. Kita bisa menarik PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan meningkatkan PAD disana. Dan masyarakat disana bisa meningkatkan pertumbuhan ekonominya,” jelasnya.

Selain Pantai Mutiara, lanjut Wujuddin, destinasi wisata lain yang juga sering dikunjungi seperti Pantai Katembe di Kecamatan Lakudo, Pantai Bungi, dan Wisata Gua.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...