Yuk Ketahui Tentang Web Checkin Batik Air

3771
 

INILAHSULTRA.COM – Ketika menggunakan pesawat untuk keperluan bepergian, kamu harus memperhatikan segala hal, mulai dari pesan tiket, pembayaran sampai check in. Check in saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan apalagi jika harus mengantri berjam–jam. Manajemen waktu yang baik juga diperlukan agar tidak ketinggalan pesawat karena urusan administrasi seperti check in.

Melakukan check in dengan efektif dan efisien harus diketahui semua orang agar perjalanan menjadi lancar dan nyaman. Check in yang datang ke bandara dan mengantri adalah check in manual yang biasa dilakukan orang. Namun sekarang ada yang namanya check in online yang dapat dilakukan melalui aplikasi di smartphone kamu ataupun lewat website dan bahkan juga ada check in online di bandara.

- Advertisement -

Check in sendiri merupakan proses yang harus dijalani penumpang dengan pengecekan dokumen yang berkenaan dengan identitas penumpang, tempat dan jam keberangkatan, serta tujuan. Dokumen penting yang harus dibawa saat check in adalah tiket pesawat, passport kalau tujuan keluar negeri, KTP kalau tujuan dalam negeri, visa dan dokumen penunjang lainnya. Setelah pihak maskapai mengkonfirmasi semua dokumen kamu, maka kamu akan mendapatkan boarding pass yang akan dibawa saat memasuki pesawat. Boarding pass sangatlah penting bukan hanya untuk menunjukkan bahwa kamu adalah penumpang yang resmi tapi juga saat transit, boarding pass juga dibutuhkan.

Untuk melakukan check in online sebenarnya tidak susah. Misalnya saja saat kamu memesan tiket pesawat di Traveloka menggunakan maskapai penerbangan Batik Air, kamu hanya perlu membuka situs atau aplikasi Traveloka dan tidak perlu lagi membuka aplikasi atau website maskapai yang bersangkutan.

Pertama masukkan ke akun Traveloka kamu, jika masih belum memiliki akun maka sebaiknya lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan email yang digunakan saat memesan tiket. Kemudian bukalah menu Pesanan, kemudian buka e-tiket dan klik Check-in Online. Setelah itu, kamu wajib menyetujui Kebijakan Check-in Online Batik Air untuk kemudian mengisi data kamu untuk keperluan check-in.

Jika sudah selesai, klik pada tombol Check-in. Berhasil tidaknya check in bisa dicek dengan cara melihat email kamu, apakah boarding pass sudah dikirimkan atau belum. Boarding pass juga bisa dilihat melalui aplikasi dengan melihat melalui e-ticket. Jika kamu sudah menerima boarding pass, silahkan di cek dan lakukan pengunduhan dokumen. Cek kembali semua data yang ada, jika ada kesalahan segera hubungi Customer Service Traveloka atau Batik Air.

Untuk web checkin Batik Air bisa dilakukan dengan membuka situs maskapai Batik Air untuk yang bagian check in. Masukkan rincian pemesanan kamu dengan mengetik kode booking yang terdapat di e-tiket yang dikirimkan ke emailmu dan nama belakang penumpang. Di Bagian bawah ada menu opsi tambahan yang dapat kamu isi dengan nomor penerbangan. Kemudian klik Pencarian Data. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman informasi penerbangan dan beberapa layanan tambahan seperti order makanan dan tambahan bagasi yang bisa kamu pilih jika diperlukan. Kemudian kamu akan ditujukkan ke halaman tentang rincian informasi seputar penerbanganmu, kamu juga dapat memilih kursi yang kamu inginkan disini.

Jika sudah selesai cek semua informasi dan merasa semuanya sudah sesuai, silahkan klik Check in. Setelah itu kamu akan menuju halaman yang memberikan pilihan untuk menerima boarding pass dalam bentuk pdf via email atau langsung dicetak. Perlu diketahui bahwa kebijakan Batik Air menyatakan bahwa check in online dapat dilakukan mulai dari 24 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan.

Selain menyiapkan boarding pass dalam soft file, kamu juga harus mencetaknya di konter atau kios khusus check in Batik Air sesuai dengan batasan waktu yang ditentukan. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen yang sesuai dengan keterangan dalam boarding pass. Selain identitas diri seperti paspor atau KTP, visa dan surat penunjang yang lain juga butuh untuk disiapkan. Jika kamu membawa barang–barang banyak yang membutuhkan bagasi, segera daftarkan bagasi di konter Batik Air di bandara lebih dari 90 menit sebelum waktu penerbangan. Tetap pantau semua informasi penerbangan yang kamu lakukan melalui papan pengumuman di bandara, melihat boarding pass dengan seksama atau menanyakan kepada petugas bandara. Yang paling terpenting, jangan terlambat. Meskipun kamu telah melakukan check in online, kamu tetap harus mengetahui kapan waktu harus menaiki pesawat. Perkirakan waktu dengan baik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...