KPU Butur Mulai Buka Penerimaan Berkas Balon Perseorangan, Satu Paslon Sudah Ambil Username Silon

665
 

Buranga, Inilahsultra.com- Hari ini, Rabu 19 Februari 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur), resmi membuka penerimaan dokumen syarat bakal calon (Balon) perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Butur 2020.

Penyerahan dokumen ini akan berlangsung selama 5 hari dimulai tanggal 19 sampai 23 Februari 2020.

- Advertisement -

Proses penerimaan berkas calon perseorangan itu dilakukan di Kantor KPU Butur di Buranga. Untuk tanggal 19 sampai 22 Februari 2020 berlangsung sesuai jam kerja yaitu mulai pukul 08.00 WITa sampai dengan pukul 16.00 WITa. Sedangkan, untuk hari terakhir penerimaan dokumen akan berlangsung mulai pukul 08.00 WITa sampai dengan pukul 24.00 WITa.

Kordiv Teknis KPU Butur, Muh Sairman Sahadia melalui pesan whatsappnya yang diterima redaksi Inilahsultra.com, Rabu 19 Februari 2020 mengatakan, untuk Butur potensi bakal calon perseorangan telah ada, yakni bakal pasangan calon perseorangan Herman Iskandar dan La ode Muhammad Ismail Saleh.

Pasangan Balon (Paslon) perseorangan itu, terang Sairman telah menyerahkan surat mandat pada tanggal 29 Januari 2020. Sejak 5 Februari telah mendapatkan ussername dan password silon untuk melakukan penginputan data dukungan.

“Berdasarkan rapat koordinasi tadi malam, melalui LO bakal pasangan calon perseorangan ini menyampaikan kesiapan penyerahan dokumen dukungan pada hari terakhir tanggl 23 Februari 2020,” katanya.

Walaupun demikian, sejak hari ini KPU Butur sudah membuka penerimaan dan penyerahan syarat dukungan minimal calon perseorangan.

“Karena tidak tertutup kemungkinan akan masih ada bakal calon perseorangan yg datang berkonsultasi maupun menyerahkan surat mandat dan meminta ussername serta password silon pada rentan waktu selama proses penyerahan ini,” ujarnya.

Pastinya, sambung dia pihaknya terbuka dalam memberikan informasi dan memaksimalkan pelayanan kepada siapapun yg memiliki keinginan untuk mencalonkan diri.

Untuk berkas yang bakal diserahkan pada saat pendaftaran nanti, yakni surat pernyataan dukungan atau B1KWK dengan mencantumkan kartu tanda penduduk, atau surat keterangan catatan sipil.

Kemudian, syarat surat pernyataan bakal pasangan calon perseorangan yang memuat daftar nama pendukung atau model B11KWK perseorangan.

“Terakhir, rekapitulasi jumlah dukungan pasangan bakal calon perseorangan,” imbuhnya.

Sekedar informasi, syarat dukungan minimum yang harus dipenuhi calon perseorangan sebanyak 4.439 pemilih. Jumlah tersebut merupakan 10 persen dari jumlah DPT Pemilu 2019 lalu yang berjumlah 44.383 pemilih.

Jumlah dukungan minimal itu 4.439 pemilih dan pesebarannya harus berada di 50 persen kecamatan yang ada di Butur atau minimal 4 kecamatan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...