Reses di Desa Labunti dan Parida, Anggota DPRD Muna Janji Perjuangkan Pengaspalan Jalan

740
 

Raha, Inilahsultra.com-Ketua DPRD Muna, La Saemuna bersama dua anggota DPRD Muna lainnya, dari Fraksi Partai Gerinda, Moh. Iksanuddin Makmun dan Fraksi Partai Golkar La Usa Mele melakukan reses di Desa Labunti dan Desa Parida, Kecamatan Lasalepa, Kamis, 20 Februari 2020.

Reses ini merupakan kewajiban anggota legislatif dalam mengunjungi konstituennya di wilayah Daerah Pilihan (Dapil) guna menyerap aspirasi masyarakat.

- Advertisement -

Reses pertama dilakukan di Desa Labunti yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muna, La Saemuna yang dihadiri Plt. Kades Labunti, La Ati, anggota BPD serta puluhan masyarakat setempat.

La Saemuna Saat ditemui usai melakukan reses di Labunti dan Desa Parida, Kamis 20 Februari 2020 menjelaskan bahwa kedua desa telah memperlihatkan kepada pihaknya beberapa hasil Musrembang ditingkat desa, namun ada beberapa kegiatan yang tidak sanggup dianggarkan melalui Dana Desa (DD), yakni pengaspalan jalan dari Tugu sampai Topa, serta jalan Kabuluha yang telah bertahun-tahun rusak parah.

“Aspirasi masyarakat ini akan kami perjuangkan sehingga mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Muna. Apalagi kondisi jalannya telah rusak,” kata La Saemuna.

Bukan hanya di Desa Labunti, La Saemuna mengaku, bersama dua Anggota DPRD dari Dapil II akan memperjuangkan pula pengaspalan jalan di Desa Parida, yakni akses menuju pasar desa, Posyandu hingga menuju obyek wisata hutan mangrove.

“Usulan masyarakat yang tidak bisa dianggarkan di dana desa, ini menjadi tugas kami untuk di sampaikan ke Pemda atau pada Instansi terkait,” ujarnya.

Foto bersama usai reses di Desa Parida.

Sementara itu, Moh Iksanuddin Makmun menguraikan, bahwa pihaknya akan menampung dan memfasilitasi apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

“Perlu diketahui kami hanya fasilitator bukan eksekutor. Kita akan sambungkan pada pemerintah,” jelasnya.

Di Desa Labunti sendiri, terang politisi Gerindra ini bukan hanya persoalan pengaspalan jalan, namun berdasarkan keluhan masyarakat terkait pembangunan gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) yang telah rusak parah. Kemudian, penanganan banjir yang menjadi langganan setiap musim hujan.

“Aspirasi masyarakat seperti ini patut diperjuangkan, sebab ini menyangkut kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Dikesempatan yang sama, angota Komisi I DPRD Muna, La Usa Mele menyatakan, bahwa semua usulan masyarakat akan diperjuangkan. Hanya saja, masyarakat perlu tahu bahwa kondisi APBD Kabupaten Muna untuk pembangunan sangat minim sekali.

“Besarnya anggaran untuk belanja pegawai menjadi kendala pembangunan di Kabupaten Muna sehingga masyarakat perlu memahami keadaan keuangan daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kades Labunti, La Ati mengaku merasa bersyukur dengan reses yang dilakukan oleh Anggota DPRD Muna dari Dapil II. Sebab, hal ini menjawab keluhan masyarakat terkait masalah jalan, pembangunan Pustu dan penanganan banjir.

“Walaupun pihak anggota DPRD bukan sebagai penentu kebijakan untuk dianggarkan, namun setidaknya keluhan masyarakat ini akan disampaikan pada instansi terkait,” imbuhnya.

Reporter : Iman Supa

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...