Warga Mandonga Protes Pekerjaan Drainase Diduga Tidak Sesuai Bestek

277
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pekerjaan saluran drainase di Jalan Merdeka, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari mendapat sorotan dari warga setempat.

Pasalnya, pekerjaan proyek drainase yang dikerjakan oleh Pemkot Kendari telah rampung sekitar Desember tahun lalu. Meskipun pekerjaan telah rampung, warga menilai kegiatan ini diduga tidak sesuai bestek.

- Advertisement -

Salah satu warga sekitar, Ros menuturkan, drainase itu sudah mulai rusak karena campuran semen yang digunakan diduga tidak sesuai.

“Penutup drainase rapuh, diduga campuran semen dan besi penutup saluran tidak sesuai,” terang Ros, Kamis 20 Februari 2020.

Salin itu, kata Ros, proyek ini diduga dikerjakan terburu-buru atau mengejar target. Apalagi pengerjaanya sudah akhir bulan tahun lalu. Penutup drainase tidak kuat menahan beban seperti kendaraan meskipun kendaraan kecil.

“Di rumah sebelah, mobilnya sampai jatuh dan ringsek. Pas dicek besi cor penahan penutup drainase tidak diikat dan yang tahan hanya tripleks dan kayu dolken,” ungkapnya.

Masih kata dia, karena dianggap membahayakan warga, beberapa lubang sudah ditutup untuk menghindari kecelakaan. Sebab, sepanjang jalan itu biasanya digunakan anak-anan bermain.

“Selain membahayakan, penutup saluran drainase yang rusak menghambat saluran pembuangan air,” bebernya.

Menurut dia, jika ini tidak dibenahi, maka akan berdampak banjir di sekitar pemukiman karena reruntuhan penutup drainase.

“Kalau tidak dibenahi, saluran air bisa tersumbat,” tutupnya.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Pemkot Kendari.

Jurnalis Inilahsultra.com berusaha meminta konfirmasi ke Dinas Pekerjaan Umum namun belum ada pejabat yang ingin memberikan keterangan.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...