Brimobda Sultra Siap Antisipasi Potensi Kerawanan Jelang Pilkada 2020

554
 

Kendari, Inilahsultra.com – Brigade Mobile (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), siap antisipasi potensi kerawanan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sultra.

Sebagai bentuk kesiapan Brimobda Sultra dalam menghadapi situasi Pilkada dengan digelarnya simulasi PHH di Makosat Brimobda Sultra dikuti satu (1) Saruan Setingkat Kompi (SSK), Jumat 21 Februari 2020 sekira pukul 10.00 WITa.

- Advertisement -

Simulasi ini dipimpin langsung oleh Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga SIK.

Dalam simulasi ini, pasukan PHH memperagakan penanganan massa dalam situasi aksi unjuk rasa yang anarkis. Pasukan PHH Brimob melakukan lintas ganti dengan Dalmas lalu membentuk barikade didepan massa dengan menggunakan tameng sekat sambil melakukan imbauan.

Namun massa aksi tidak menghiraukan imbauan itu, malah tim negosiator semakin anarkis melempari petugas. Pasukan PHH kemudian melakukan penguraian massa dengan menggunakan semprotan water canon dan tembakan gas air mata kearah massa.

Simulasi diasumsikan jatuh korban dari pihak massa pengunjuk rasa, sehingga pasukan PHH membentuk tim evakuasi yang kemudian mengevakuasi korban dari massa pengunjuk rasa ke rumah sakit.

Selain itu, dalam simulasi juga dilakukan penangkapan terhadap provokator dari massa pengunjuk rasa. Setelah massa mulai terurai, pasukan PHH kemudian bergerak maju kedepan membentangkan kawat security barrier sebagai batas antara kelompok massa yang masih berkumpul.

“Kegiatan ini laksanakan untuk latihan pembinaan dan mengasah kembali kemampuan personel Brimob dalam menanggulangi huru hara,” jelas Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga.

Lanjut Perwira dengan tiga Melati dipundak ini, selain itu, mengantisipasi potensi kerawanan kamtibmas menjelang pemilukada serentak di tujuh kabupaten/kota wilayah hukum Polda Sultra.

“Kami menyiapkan dan menyiagakan kompi PHH, jika sewaktu-waktu dapat digerakkan ketika eskalasi situasi dikewilayaan meningkat yang membutuhkan back up perkuatan dari pasukan brimob,” tutupnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
30
Komentar
loading...