Optimisme Kemenangan Siska dan AJP serta Peta Politik di DPRD Kendari

1022
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dua Calon
Wakil Wali Kota Kendari sisa masa jabatan 2017-2022, Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra (AJP) telah selesai mendaftarkan diri di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari selaku panitia pemilihan

Keduanya sama-sama telah menjalin komunikasi dengan partai politik dan 35 anggota DPRD Kota Kendari, untuk mendapatkan suara saat pemilihan wakil wali kota pada 5 Maret 2020 mendatang.

- Advertisement -

Dengan komunikasi terus dilakukan, istri mantan Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra (ADP) ini dan anak Bupati Konawe Selatan (Konsel) ini, saling klaim serta optimis menang sebagai wakil wali kota untuk mendampingi Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir

“Alhamdulilah kalau sudah ada beberapa fraksi mendukung saya. Saya tidak mau mengklaim, tapi kita menunggu saja,” kata Siska Karina Imran belum lama ini.

Dengan adanya dukungan dari partai NasDem, dirinya optimis akan menambah suaranya dalam pemilihan nanti.

“Saya ucapkan terimakasih banyak atas dukungan Fraksi NasDem. Semoga bisa bertambah lagi yang menyatakan dukungan kepada saya. Makin banyak yang merapat makin bagus,”ujarnya.

Saat ini, kata Siska, masih menjalin komunikasi dengan partai politik dan 35 anggota DPRD Kota Kendari

“Kalau mau tahu pasti, silakan tanya langsung ke masing-masing partai politik mengenai dukungan dan saya serakan kepada anggota dewan menilai masing-masing calon,” ujarnyam

“Saya mohon dukungan dari teman-teman dewan maupun panitia dan saya minta doanya kepada masyarakat dalam menghadapi pemilihan,” tutupnya.

Sementara AJP, siapa pun yang terpilih menjadi pemenang itulah yang terbaik untuk mendampingi Sulkarnain dalam memimpin di Kota Kendari.

“Pak Wali Kota sering mengatakan cape juga selalu kerja sendiri. Makanya sudah saatnya kita mengisi kekosongan untuk menjawab pertanyaan masyarakat,” kata AJP belum lama ini.

Lanjut AJP, saat ini dirinya telah membangun komunikasi dengan partai politik dan anggota DPRD Kota Kendari.

“Kita tunggu saja itu kejutan dari partai dan anggota yang akan mendukung saya pada pemilihan nanti,” katanya.

Terkait suara Fraksi Golkar berpotensi pecah pada pemilihan nanti, kata AJP, memang ada beberapa teman-teman dari Golkar di DPRD menyatakan tidak akan mendukung dirinya. Hal ini, kata AJP, merupaka hal yang biasa di tubuh
berlambang pohon beringin.

“Saya yakin Fraksi Golkar tetap solid. Saya sudah sampaikan kemarin siap maju dan optimis menang tanpa keraguan,” tutupnya.

Arahan Dukungan Fraksi di DPRD Kota Kendari dalam Pilwawali

Siska Karina merupakan calon dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki lima kursi di DPRD Kota Kendari solid.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Kendari Irwan Sukma menyatakan, sebanyak lima kader PAN sudah pasti memilih Siska Karina. Hal ini, sudah menjadi perintah DPP PAN.

“Kita pastikan solid dan tidak lari. Masa partai lain mendukung ibu Siska, sementara kita tidak mendukungnya. Pasti solid lah,” kata Irwan Sukma belum lama ini.

Irwan mengaku, bagi kader PAN yang mbalelo (khianat) akan diberi sanksi penggantian antarwaktu (PAw).

“PAN kan pengusung ibu Siska. Itu jelas perintah partai. Kalau mbalelo, akan disanksi PAw. Itu tegas dari partai. Ini sudah disampaikan dari DPP, DPW dan DPD,” tutupnya.

Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyatakan dukungan ke Siska Karina Imran pada pemilihan Wakil Wali Kota Kendari.

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Kendari Fadly Bafadhal mengungkapkan, Fraksi NasDem sudah mendapatkan arahan dari DPP untuk mendukung Siska Karina pada pemilihan wakil wali kota.

“Arahan dari DPP NasDem untuk mendukung ibu Siska Karina. Teman-teman Fraksi NasDem sudah sepakat mendukungan ibu Siska Karina,” ujarnya belum lama ini.

Fraksi Gerindra yang memiliki 4 kursi belum menentukan dukungan. Namun, arah dukungan ke Siska Karina berpeluang besar, karena Ketua Gerindra Sultra Imran, ayah dari Siska Karina.

“Kita itu biar tidak ditanya sudah ditahu arah dukungan calon wakil wali kota kepada siapa, pasti kalian sudah tahu. Ketua partai siapa dan calon siapa,” kata Sekretaris Fraksi Gerindra Iwan Kambara belum lama ini.

Fraksi Golkar yang memiliki 5 kursi berpotensi pecah dalam pemilihan. Meskipun sudah ada surat rekoemdasi dari DPD II Golkar Kota Kendari mengarahkan dukunga kepada AJP. Tapi surat tersebut dianggap belum bersifat final.

La Ode Ashar mengatakan, secara pribadi dirinya tidak akan memilih AJP dalam pemilihan wakil wali kota meskipun DPD II Golkar mengintruksikan.

“Saya selaku pribadi anggota dewan memiliki hak suara untuk memilih dan tegas menyampaikan tidak akan memilih AJP dalam pemilihan wakil wali kota nanti. Ini merupqkan keputusan pribadi yang saya ambil,” kata La Ode Azhar belum lama ini.

Kemudian LM Rajab Jinik mengatakan, tidak akan mendukung AJP mengatakan, berdasarkan hati nuraninya mendukung Siska Karina Imran pada pemilihan Wakil Wali Kota Kendari.

“Kalau berbicara hati nurani pasti saya mendukung Siska Karina dalam pemilihan wakil wali kota,” kata LM Rajab Jinik belum lama ini.

Fraksi PDIP yang memiliki 5 kursi di DPRD Kota Kendari belum menentukan arah untuk mendukung salah satu calon kandidat Calon Wakil Wali Kota Kendari.

“Jadi kami belum dapat memutuskan akan mendukung siapa karena kami menunggu hasil keputusan terlebih dahulu dari DPC,” kata Ketua Fraksi PDIP Andi Sulolipu belum lama ini.

Fraksi DKI gabungan dari Perindo, PKB dan Demokrat yang memiliki 5 kursi
belum memberikan dukungan kepada calon wakil wali kota.

“Kami dari Fraksi DKI belum mengarahkan dukungan kepada kedua calon wakil wali kota. Lampu hijau kepada mereka belum ada, karena masih menunggu keputusan masing-masing partai,” kata Ketua Fraksi DKI Ilham Hamra belum lama ini.

Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki 7 kursi di DPRD Kota Kendari tetap solid mendukung AJP dalam pemilihan wakil wali kota nantinya.

“Berdasarkan surat keputusan DPP. Kami Frkasi PKS tetap solid mendukung AJP pada pemilihan nanti. Ini arahan langsung dari DPP,” kata Rizki Brilian Pagala belum lama ini

Penulis : Haerun
Editor : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...