Basarnas Kendari Galakkan Pengenalan SAR Sejak Dini

225
 

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Kendari, terus menggalakkan pengenalan Search And Rescue (SAR) sejak dini.

Kali ini, Sabtu 22 Februari 2020, Basarnas Kendari menggelar kegiatan SAR dengan tema “Goes To School” di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kendari.

- Advertisement -

Kegiatan ini, merupakan salah satu program nasional yang dicanangkan oleh Basarnas Pusat untuk memasyarakatkan SAR dengan masuk ke sekolah-sekolah.  Mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi.

Kasi Sumber Daya Basarnas Kendari, Kadek Wiryawan mengatakan, sebanyak 57 siswa dan siswi yang tergabung dalam siswa pencinta alam (Sispala) SMAN 4 Kendari mendapatkan materi pengenalan tupoksi Basarnas.

“Mereka mendapatkan materi Rappeling atau cara turun dari medan yang tinggi, baik untuk diri sendiri maupun pada saat membawa korban,” terang Kadek Wiryawan, saat ditemui disela-sela kegiatan.

Masih kata Kadek Wiryawan, yang menyampaikan dari Tim rescue Basarnas Kendari yang memiliki kualifikasi pendidikan High Angle Rescue Technique (HART).

Selain itu, pesan yang ditekankan agar setiap kegiatan luar yang dilaksanakan oleh pihak sekolah agar selalu berkoordinasi dengan pihak Basarnas, dalam bentuk surat pemberitahuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi.

Untuk diketahui, usai menggelar kegiatan itu, Basarnas Kendari menyerahkan buku SAR Goes To School kepada pihak sekolah.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...