Satpol PP Kendari Bakal Bongkar Paksa Lapak PKL Depan Jalan Lumba-lumba

1648
 

Kendari, Inilahsultra.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Kendari bakal membongkar paksa lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Jalan MT Haryono atau depan Jalan Lumba-lumba tak jauh dari simpang tiga kampus Universitas Halu Oleo (UHO).

Kasat Pol PP Kota Kendari Amir Hasan mengatakakan, rencana pembongkaran lapak direncanakan pada awal Maret 2020 mendatang. Pasalnya, kata dia, para PKL tidak pernah mengindahkan surat peringatan (SP) tentang larangan aktivitas di atas bahu jalan yang terletak di depan jalan Lumba-Lumba.

- Advertisement -

“Kita sudah beri peringatan pertama bahkan sampai surat ketiga ini tapi tidak pernah diindahkan para PKL. Makanya kita akan bongkar paksa itu di awal bulan Maret nanti,” kata Amir Hasan saat ditemui di Gedung DPRD Kota Kendari, Selasa 25 Februari 2020.

Mantan Camat Kadia ini menjelaskan, alasan membongkar lapak tersebut berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPRD Kota Kendari pada saat rapat dengar pendapat (RDP) beberapa bulan lalu.

“Saya kira jelas itu. DPRD telah merekomendasikan agar tidak ada aktivitas para pedagang, tapi kenyataan di lapangan mereka tetap membangun,” tutupnya.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Andi Sulolipu mengatakan, Pemkot Kendari harusnya mencarikan solusi untuk para pedagang yang berada di depan jalan Lumba-lumba.

“Kami minta Pemkot Kendari dan masyarakat duduk bersama untuk mencari solusi terbaik, tapi bukan dengan cara membongkar paksa lapak-lapak PKL,” ujar Andi Sulolipu.

Ketua Fraksi PDIP ini mengatakan, kalau memang ada yang dilanggar dan tidak bisa dilakukan aktivitas jual beli, Pemkot Kendari harus menerbitkan surat larangan dan aktivitas yang dilanggar itu seperti apa.

“Harus bisa dijelaskan, apa sebenarnya yang mereka (PKL) langgar. Kita berharap Satpol PP untuk menahan diri sampai benar-benar ada satu ketentuan yang berlaku, bahwa para PKL tidak bisa beraktivitas di tempat tersebut,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...