DLHK Kendari Akui Penanganan Sampah di Kambu Belum Maksimal

403
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari mengakui belum maksimal dalam mengatasi persoalan sampah di Kecamatan Kambu.

Kepala DLHK Kota Kendari Nismawati mengatakan, dirinya telah melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Halu Oleo Kendari terkait persoalan sampah di wilayah Kecamatan Kambu atau di sekitaran kampus negeri tersebut.

- Advertisement -

Namun demikian, sampai saat ini, belum dapat tertangani dengan baik.

“Kami sudah siapkan 3 unit kontainer untuk tempat sampah, tapi itu belum maksimal dengan volume sampah di sana yang dihasilkan masyarakat di Kambu,” kata Nismawati saat ditemui di Taman Kota Kendari, Kamis 27 Februari 2020.

Mantan Kepala Dinas Pangan Kota Kendari ini mengatakan, penanganan sampah Kambu hingga saat ini belum maksimal, karena masyarakat tidak tertib membuang sampah sesuai jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah, bahkan masyarakat membuang sampah di trotoar.

“Apalagi kambu banyak rumah-rumah kos dan belum ada komunitas yang sadar membuang dan memungut sampah. Terkait pemasalahan ini, kami sampaikan kepada lurah, yang harus membayar iuran sampah itu adalah ibu kosnya atau pemilik kos,” jelasnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya membutuhkan peran serta lurah, RT dan RW untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tertib dalam membuang sampah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

Kemudian, diharapkan lurah dan RT untuk membentuk komunitas sendiri yang bertanggung jawab tangani sampah. Sehingga nanti mereka yg akan membuang sampahnya di Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Sampah-sampah yang sudah terkumpul di TPS akan diangkut oleh petugas DLHK.

“Nanti kita yang angkut dan buang ke tempat pembuangan sampah akhir,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...