Tak Dukung AJP di Pilwawali, Hikman Ancam PAW Anggota Dewan dari Golkar

553
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Kendari resmi mendukung Adi Jaya Putra (AJP) pada pemilihan Wakil Wali Kota Kendari.

Keputusan ini melalui rapat pleno dipimpin langsung Ketua DPD II Golkar Kota Kendari Hikman Balagi, turur dihadiri beberapa anggota DPRD Kota Kendari LM Inarto, Sahabuddin, LM Rajab Jinik dan La Ode Ashar dan AJP sebagai Calon Wakil Wali Kota Kendari sisa masa jabatan 2020-2022.

- Advertisement -

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Kendari Hikman Balagi mengatakan, berdasarkan rapat pleno pada 26 Januari 2020 yang lalu di Hotel Horison secara organiasi sudah final Partai Golkar mendukung AJP.

“Rapat hari ini saya perkuat dan perluas sampai tingkat bawah, agar mereka tahu bahwa Golkar itu tidak main-main dalam mengambil keputusan untuk mendukung AJP,” ujar Hikman Balagi saat ditemui usai rapat di kantor DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Jumat 28 Februari 2020.

Dukungan kepada AJP, Hikman menjelaskan, berdasarkan surat keputusan (SK) Nomor 313/DPD/Golkar/II/2020 Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) perihal persetujuan dan dukungan kepada AJP sebagai calon wakil wali kota.

SK tersebut, lanjut Hikman, ditetapkan di Kendari pada 17 Februari 2020, yang ditandatangani langsung Ketua DPD II Golkar Sultra Ridwan Bae dan Sekretaris Muhammad Basri.

“Jadi, tidak ada lagi alasan bagi lima kader Golkar duduk di DPRD Kota Kendari mempunyai hak suara untuk memilih tidak mendukung AJP. Tapi kalau ada yang ketahuan tidak ke AJP, saya akan berikan sanksi tegas,” ujarnya.

Sanksi yang tidak mendukung AJP, Hikman menyebut, penggantian antarwaktu (PAw) akan menanti anggota dewan, yang tidak mengikuti arahan partainya sendiri.

“Maka saya tegaskan PAW yang menanti mereka kalau melanggar, tidak ada tawar menawar. Saya akan proses secepatnya PAW-nya kalau terbukti anggota dewan tidak ke AJP,” tegasnya

Terkait anggota dewan tidak ke AJP karena ada masukan dari konsituen menginginkan calon lain, kata Hikman, yang namanya sudah masuk keder partai, maka hak politiknya sudah diambil oleh partai, bukan konstituen.

“Tidak ada namanya konstituen di sini, yang ada hanya satu di sini kita Partai Golkar. Apapun keputusan partai harus diikuti, bukan kita mengikuti keinginan dan kepentingan pribadi,” tutupnya.

Di tempat yang sama Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Kendari La Ode Ashar kembali menegaskan tidak akan memilih AJP pada pemilihan wakil wali kota.

“Saya tetap pada prinsip dalam hatiku tidak memilih AJP, saya tegaskan tadi di hadapan Hikman Balagi bahkan di depan AJP sendiri,” tegas La Ode Ashar.

Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari ini mengakui adanya surat dari DPD II dan DPD I Golkar mendukung AJP, tetapi ia menilai ini hanya tahapan untuk diusulkan ke DPP.

“Sebenarnya itu surat dukungan merupakan tahapan untuk diusulkan ke DPP. Jadi kita tunggu surat resmi dari DPP yang keluar baru kita ikuti,” tutupnya

Sementara anggota Fraksi Golkar LM Rajab Jinik dikonfirmasi mengenai PAW jika tidak mendukung AJP tidak memberikan komentar.

“Kalau saya jangan dulu memberikan komemtar. Tapi tunggu saja satu atau dua hari ini, saya akan berikan tanggapan soal ancaman PAW,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...