Usia Basarnas ke-48 dan Sejumlah Operasi Kemanusiaannya

290
Potong tumpeng mengakhir acara upacara HUT Basarnas ke-48. (Dok Basarnas Kendari)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Usia Basarnas sudah tidak lah muda. Di usia yang ke-48, Basarnas telah melakukan operasi kemanusiaan hingga terobosan keterbukaan informasi kepada publik.

-Advertisements-

Terkhusus Basarnas Kendari, hari ulang tahun (HUT) ke 48 kali ini merupakan hal yang spesial dan menjadi cambuk bagi seluruh personelnya untuk terus berada di garda terdepan operasi keselamatan.

Memperingati HUT Basarnas ke-48, Jumat 28 Februari 2020, Basarnas Kendari menggelar upacara secara sederhana yang melibatkan seluruh personel Basarnas Kendari, anggota DWP, Pramuka binaan Basarnas Kendari Gugus depan Avignam Jagat Samagram dan para peserta pelatihan potensi SAR yang terdiri dari TNI/Polri, instansi/lembaga terkait serta organisasi kemasyarakat.

Kepala Kantor Basarnas Kendari Aris Sofingi menjadi inspektur upacara. Memperingati HUT ke-48, dimulai dengan dibacakannya lintas Sejarah Basarnas mulai sejak 1972 hingga saat ini.

Sejak berdiri, Basarnas dipimpin sebanyak 14 orang sampai saat ini dan pimpinan tertinggi terakhir adalah Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito.

Dalam periode tahun 2019, Basarnas telah melaksanakan 2.021 Operasi SAR dengan rincian delapan operasi SAR terhadap kecelakaan pesawat udara, 635 operasi SAR terhadap kecelakaan kapal, 139 operasi SAR terhadap bencana alam, 1.203 operasi SAR terhadap kondisi membahayakan manusia dan 36 operasi SAR terhadap kecelakaan dengan penanganan khusus.

Selama tahun 2019 Basarnas berhasil meraih berbagai prestasi baik tingkat nasional maupun internasional seperti predikat WTP selama 5 kali berturut-turut, penghargaan dari BKN sebagai salah satu lembaga terbaik dalam pengelolaan, perencanaan pegawai dan kepengurusan kenaikan pangkat.

Kemudian, penilaian sangat baik dari Badan Arsip Republik Indonesia dalam hal pengelolaan arsip, penghargaan media sosial kategori video terbaik Government Social untuk lembaga pemerintah dari Kemenkoinfo.

Selanjutnya, pelayanan publik dengan nilai baik dari Kemenpan-RB, mendapatkan predikat Medium Classification setelah dinyatakan lulus dalam asesment yang dilaksanakan oleh Internasional Search and Rescue Advesory Group (INSARAG) Exercise Classification.

Dalam peringatan HUT Basarnas Ke- 48 ini, Basarnas juga mendapat tambahan dua armada Kapal negara baru yakni KN SAR 103 Wisnu dan KN SAR 104 Kamajaya dengan panjang 66 meter sebagai kapal pendukung penyelenggaraan operasi SAR  sekaligus suplay logistik.

Kedua kapal tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan SAR moderen seperti Remotely Operated Vehicle (ROV), Side Scan Sinar, Multibeem Echosounder (MBES) serta beberapa peralatan lainnya.

Dalam sambutan Kabasarnas yang dibacakan oleh kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi, menekankan beberapa hal yakni senantiasa menjadi pribadi yang selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa.

Profesionalisme dan soliditas dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Basarnas, menjaga sinergitas dan membina potensi SAR melalui wadah forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan, selalu menjaga kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing serta cepat dalam memberikan respon pada saat terjadi kegawatdaruratan baik pada kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan manusia.

“Senantiasa menjaga budaya disiplin dan menjadi contoh performance di lingkungan kerja,” kata Aris Sofingi membacakan sambutan Kabasarnas.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...