Bentuk Kawasan Ekonomi Khusus, Bupati Buton Minta Dukungan Kemenhub

455
 

Jakarta, Inilahsultra.com – Bupati Buton Drs. La Bakry, M.Si melakukan audiensi dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Djoko Sasono di Ruang Rapat Setjen, Gedung Karsa, Jakarta, Kamis 27 Februari 2020.

La Bakry mengatakan, audiensi dilakukan dalam rangka meminta dukungan pemerintah pusat membangun pelabuhan representatif untuk persiapan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Technopark Industri Berbasis Aspal di Desa Lawele Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton dan Technopark Perikanan Terpadu di Kelurahan Kamaru Kecamatan Lasalimu.

- Advertisement -

“Alhamdulillah Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan RI dan jajaran mengapresiasi usulan yang diajukan Pemerintah Kabupaten Buton dan akan segera membahas secara internal terkait hal tersebut,” kata La Bakry.

Menurut La Bakry, pihak Kemenhub juga berencana berkunjung ke Kabupaten Buton dalam waktu dekat untuk meninjau secara langsung Pelabuhan Nambo dan pelabuhan lainnya, termasuk pelabuhan rakyat di Kecamatan Lasalimu Selatan.

“Terlebih, pelabuhan rakyat ini menjadi salah satu akses yang sangat dekat dengan Kabupaten Wakatobi. Hanya berkisar satu jam perjalanan untuk menuju ke Wakatobi,” ujarnya.

Politikus Golkar ini menilai, pelabuhan yang ada saat ini dinilai masih belum memadai dalam menunjang Kawasan Ekonomi Khusus ke depan. Apalagi sebagai akses pemasaran produk aspal dalam jumlah besar dan hasil industri lainnya. Untuk itu, dibutuhkan perluasan dan pengembangan pelabuhan lokal.

La Bakry berharap, dukungan dan doa dari seluruh pihak, utamanya masyarakat Kabupaten Buton agar upaya pemerintah daerah mewujudkan pembangunan pelabuhan yang representatif ini dapat terwujud.

Selain Sekjen Kemenhub Djoko Sasono, audiensi ini juga dihadiri Sekretaris Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha Tjahjagama, Direktur Prasarana Ditjen Perhubungan Darat Risal, Kabag Program Agung H, serta sejumlah pejabat lainnya di Kementerian Perhubungan RI, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton Nasbah SE, dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Buton, Hasan Jaya Pratama.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...