Koltim Diganjar Penghargaan sebagai Daerah Pengelolaan Pajak Terbaik

924
Bupati Koltim saat menerima penghargaan pengelolaan pajak terbaik dari KPP Pratama Kolaka. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) kembali menorehkan prestasi sebagai daerah perkembangan dan penerimaan pajak tertinggi dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kolaka.

-Advertisements-

Pertumbuhan penerimaan Koltim tahun 2019 menjadi yang tertinggi dari tiga kabupaten yang ada di wilayah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kolaka, yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara dan Bombana.

Piagam penghargaan yang diserahkan Kepala KPP Pratama Kolaka Jarod Sri Raharjo diterima langsung Bupati Koltim H Tony Herbiansyah MSi, dalam acara sosialisasi tata cara pelaporan SPT tahunan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati, Jumat 28 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu Jarod Sri Raharjo menyampaikan, Koltim menjadi kebupaten yang terbaik dalam pengelolaan pajak daerah dari tiga kabupaten dalam wilayah kerja KKP Pratama Kolaka tahun 2019.

“Pertumbuhan penerimaan pajak Koltim mencapai 34,74 persen, bila dibanding tahun 2018. Artinya pertumbuhan ekonomi di Koltim paling bagus diantara kabupaten lain di wilayah kerja KPP Pratama Kolaka,” ungkapnya.

Penerimaan pajak di Koltim, lanjut dia, ditunjang dari sektor pertambangan, konstruksi, dan aktivitas pemerintah dalam pemerintahan.

“Semakin tinggi pajak, maka semakin tinggi juga dana bagi hasil. ASN harus bisa memberikan contoh dalam kepatuhan pembayaran pajak,” ucapnya.

Dengan kotribusi Koltim tersebut, kata dia, KPP Pratama Kolaka mendapatkan urutan ke 19 se Indonesia dari 352 kantor pelayan pajak, dengan penerimaan dan pertumbuhan pajak terbaik.

Untuk itu, ia berharap ke depan di bawah kepemimpinan Tony Herbiansyah Koltim bisa jauh lebih maju, makmur, sukses dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia utamanya dari sektor penerimaan pajak.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemkab Koltim khususnya pak Tony Herbiansyah selaku bupati, yang selama ini telah berkoordinasi dengan baik terkait pemotongan-pemotongan pajak daerah,” tutupnya.

Selain itu Jarod mengungkapkan, Koltim meraih predikat terbaik kedua penyaluran dana desa se Indonesia setelah Kabupaten Madiun.

“Saya sampaikan saja, Kabupaten Kolaka, Kolut dan Bombana untuk belajar dan beradaptasi dengan Koltim dalam pengelolaan pajak,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Koltim Tony Herbiansyah menyatakan, pajak merupakan pendukung pembangunan terbesar bagi negara dan daerah. Apa yang disampaikan kepala KPP Pratama Kolaka merupakan penghargaan sekaligus motivasi Koltim ke depan untuk target tahun 2020 yang akan mencapai 50 persen penerimaan pajak bisa terwujud bahkan lebih.

“Ini bisa terwujud ketika kita punya kerjasama yang baik, sinkronisasi dan koordinasi itu sangat penting dalam pengelolaan pajak daerah,” ujarnya.

Untuk itu, orang nomor satu di Koltim mengingatkan kepada pimpinan OPD untuk mengarahkan bendahara masing-masing, karena komitmen mencapai target dan harus diseriusi. Sudah ada ilmu dari KPP Pratama untuk mengisi SPT.

“Saya harap kalian untuk serius, karena pajak ini untuk kepentingan negara dan daerah, apa yang kita laporkan akan kembali kepada kita bahkan lebih besar yang diberikan negara kepada kita. Kepada seluruh camat dan semua aparat desa, wajib untuk mengisi SPT, kalau diseriusi saya yakin bisa diwujudkan bahkan melebihi target,” ujarnya.

Dengan adanya penghargaan ini, kata dia, merupakan tantangan, karena alangkah tidak eloknya pertumbuhan ekonomi Koltim tahun 2019 mencapai 34,74 persen, lalu berikutnya akan menurun.

“Kita harus sepakat untuk menunjukan yang terbaik untuk Sultra, karena berdampak positif juga untuk daerah kita. Jangan sampai lebih pintar orang yang datang belajar sama kita dari pada kita sendiri. Kita harus terus meningkatkan pengetahun untuk mewujudkan itu semua,” jelasnya.

“Tidak ada salahnya kalau kita selalu berkompetisi yang sifatnya positif, suatu kebanggaan sekaligus motivasi dan tantangan atas capaian kita meraih urutan kedua terbaik nasional penyaluran dana desa, kita harus mengelolanya dengan baik utamanya pajak,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...