Rakor Pengawasan Tahapan Pemilu Berkelanjutan, Bawaslu Mubar Libatkan Pers

252
 

Laworo, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar rapat koordinasi pengawasan tahapan pemilu/pemilihan berkelanjutan di Aula kantor Bupati Mubar, Jumat 28 Februari 2020.

Hadir dalam rakor itu, Ketua Bawaslu Mubar, Ishak, Anggota Bawaslu LM Yasir dan Divisi pengawasan dan hubungan antar lembaga, Muniarti Rigato, ST.

- Advertisement -

Selain itu, berkait tahapan menuju pilkada serentak pada 2024, Bawaslu Mubar menghadirkan narasumber dari KPU Mubar yang diwakili Alirun Asa dan dari Didukcapil Mubar.

Selain itu, pihaknya juga menggandeng insan pers agar bisa mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait tahapan pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Mubar, Ishak mengatakan rakor pengawasan adalah salah satu tahapan dalam menghadapai pilkada serentak 2024 termasuk di Kabupaten Mubar.

“Ini juga dalam rangka menjawab pertanyaan publik. Tetap memprogmakan segala sesuatunya menuju tahapan pemilihan berkelanjutan nanti 2024,” kata Ishak dalam sambutanya, Jumat 28 Januari 2019.

“Jadi hari ini masuk dalam tahapan persiapan dan selanjutnya kita akan masuk tahapan pelaksanaan,” tambahnya.

Ishak melanjutkan, dalam tahap persiapan ini, sampai dengan pelaksanaan, ia akan menggandeng insan pers dalam meningkatkan partisipasi pemilih dan memberikan kesadaran dalam masyarakat melalui pemberitaan.

“Insan pers bisa membuka mata rakyat. Kewajiban kami sebagai penyelenggara menjaminkan demokrasi baik stakeholder secara keseluruhan. Jadi ini kaitan ke depannya salah satu tolak ukur dokumen kependudukan,” jelasnya.

Sementara itu, anggota KPUD Mubar Alirun Asa mengaku mendorong peran Pers dalam menyampaikan informasi kepada publik terkait tahapan pilkada.

Menurutnya, peran pers sangat penting dalam mensosialisasikan data pemilih di masyarakat.

“Olehnya itu kita mengharapkan selalu untuk meningkatkan partisipasi pemilih melalui peran media, karena informasi lewat media, cepat dan efektif untuk meningkatkan kesadaran pemilih,” tuturnya.

Penulis : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...