Tiga Anggota Dewan Partai Golkar Enggan Teken Surat Dukungan ke AJP

4690
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar menggelar rapat bersama pimpinan kecamatan (PK) dan Pimpinan Kelurahan (PL), di kantor DPD II Partai Golkar Kendari, Jumat 28 Februari 2020.

Rapat tersebut mengangkat tema ‘Memperkokoh Soliditas Kader Partai Golkar’ jelang Musyawarah Daerah (Musda) ke X Partai Golkar Sultra dan pemilihan wakil wali kota (Pilwawali) Kendari yang rencananya digelar 5 Maret 2020 di DPRD Kota Kendari.

- Advertisement -

Rapat dipimpin oleh Ketua DPD II Partai Golkar Kota Kendari Hikman Balagi dan turut dihadiri empat anggota DPRD Kota Kendari, La Ode Muhammad Inarto, La Ode Muhammad Rajab Jinik, La Ode Ashar dan Sahabuddin. Sementara Rusiawati Abunawas tidak hadir. Turut hadir pula Calon Wakil Wali Kota Kendari Adi Jaya Putra (AJP).

Dalam rapat tersebut, para PK dan PL Partai Golkar meminta para anggota dewan menyetujui pernyataan sikapnya terkait dukungan kepada anak Bupati Konsel sebagai calon wakil wali kota, dibuktikan dengan membubuhkan tanda tangan di atas kertas.

Sebelum meninggalkan rapat La Ode Muhammad Inarto dan La Ode Ashar mempertanyakan apa komitmen AJP kepada Golkar ketika terpilih menjadi wakil wali kota.

Namun pertanyaan itu dijawab gamblang Hikman Balagi.

“Komitmen AJP sudah ada sama saya bahkan komitmen sama pak Ridwan Bae sudah ada. Tidak mungkin diberikan sama kalian kader partai, yang pegang itu ketua kalau kita paham berorganisasi. Begitu organisasi dalam partai,” kata Hikman.

Permintaan PK dan PL hanya ditandatangani dua anggota dewan, yakni, Sahabuddin dan La Ode Muhammad Rajab Jinik. Sementara La Ode Muhammad Inarto dan La Ode Ashar lebih memilih meninggalkan rapat.

“Kita saksikan bersama mereka (anggota dewan) menandatangani surat peryataan dari PK dan PL dukungan ke AJP. Kita semua jadi saksi di sini,” kata Hikman Ballagi.

Terkait hanya dua anggota dewan bertandatangan, Hikman menegaskan, semua anggota dewan akan menandatangani pernyataan sikap dari PK dan PL.

“Tetap saya minta mereka bertandatangan, dalam satu atau dua hari ini surat dukungan ke AJP sudah ditandatangani semua anggota dewan,” ujarnya.

Kata Hikman, semua anggota dewan harus bertandatangan karena ini merupakan intruksi langsung dari partai, bukan kemauan pribadi.

“Apa yang menjadi keputusan partai, kita semua harus patuh dan tunduk tidak ada pilihan lain. Apapun bentuknya kalau sudah masuk di partai hak politik kalian sudah masuk di Golkar, tidak ada tawar menawar,” ucap Hikman.

Hikman menegaskan, tidak ada alasan lima kader Golkar yang duduk di DPRD Kota Kendari yang mempunyai hak suara. Pasalnya, surat keputusan (SK) Nomor 313/DPD/Golkar/II/2020 Partai Golkar Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) perihal persetujuan dan dukungan kepada AJP sebagai calon wakil wali kota Kendari.

“DPD I Golkar Sultra sudah jelas mengintruksikan untuk mendukung AJP di Pilwawali. Bukti seperti apalagi kalian butuhkan,” tanyanya.

Kalau tidak mendukung AJP pada Pilwawali, kata dia, ada sanksi penggantian antarwaktu (PAW) yang menanti.

“Saya tegaskan PAW menanti mereka kalau melanggar. PAW sebagai kader dan PAW sebagai anggota dewan. Saya akan proses secepatnya PAW-nya kalau terbukti anggota dewan tidak memilih AJP,” tegasnya.

Terkait anggota dewan tidak ke AJP karena ada masukan dari konsituen menginginkan Siska Karina Imran, kata Hikman, namanya kalau sudah masuk keder partai, maka hak politiknya sudah diambil oleh partai, bukan konsituen.

“Tidak ada namanya konsituen di sini, yang ada hanya satu di sini kita di Partai Golkar. Apapun keputusan partai harus diikuti, bukan kita mengikuti keinginan dan kepentingan pribadi,” tutupnya

Terkait surat dukungan ke AJP yang sudah ditandatangani, anggota DPRD Kota Kendari Fraksi Golkar LM Rajab Jinik mengatakan, ini menarik karena hanya dua anggota dewan yang bertandatangan dukungan kepada AJP.

“Kalau saya jangan dulu memberikan komentar terlalu jauh, apalagi terkait surat dukungan hanya dua anggota dewan yang bertandatangan. Tapi tunggu satu atau dua hari ini saya akan tanggapan,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...