Ridwan Tak Jadi Maju Ketua Golkar karena Airlangga Minta Fokus Pimpinan Komisi V

13480
 

Kendari, Inilahsultra.com – Ridwan Bae dipastikan tak akan maju di Musyawarah Daerah (Musda) Golkar Sultra yang rencananya digelar 11 Maret 2020.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Golkar Sultra Muh Basri, Selasa 3 Maret 2020.

- Advertisement -

Basri menjelaskan, sebanyak 12 orang pengurus tingkat DPD kabupaten atau kota didampingi pengurus DPD Provinsi Golkar termasuk Ridwan Bae bertemu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto semalam.

Dalam pertemuan itu, lanjut Basri, turut dihadiri Sekjen DPP Golkar dan pengurus DPP.

Kepada pengurus di Sultra, kata Basri, Airlangga tidak pernah melarang Ridwan untuk maju kembali sebagai Ketua Golkar Sultra untuk periode ketiga.

Namun, karena pertimbangan jabatan Ridwan sebagai pimpinan Komisi V DPR RI, maka mantan Bupati Muna dua periode itu diminta fokus di senayan.

“Ketum menyatakan, bukan tidak izinkan Ridwan maju sebagai Ketua Golkar Sultra, tapi ketua umum membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran pak Ridwan untuk fokus menjadi pimpinan komisi V mengawal kebijakan infrastruktur di Indonesia sebagai perwakilan Golkar di komisi tersebut,” kata Basri.

Ia mengaku, Airlangga menyatakan bahwa bisa saja langsung menunjuk Ridwan untuk kembali memimpin Golkar Sultra. Hanya pertimbangan strategis demi mengawal kebijakan pemerintah di Komisi V maka ia diminta tidak maju di Musda Golkar.

“Kata pak Airlangga, jabatan Ketua Golkar Sultra itu kecil. Tapi lebih penting adalah menjalankan amanah sebagai pimpinan Komisi V,” ujarnya.

Atas petunjuk Airlangga itu, akhirnya Ridwan mengikut dan tidak mencalonkan diri dalam Musda Golkar.

“Pak Ridwan itu selalu tunduk pada keputusan partai. Apa pun perintah DPP akan tetap dilaksanakan. Jadi dia tidak jadi maju bukan karena ditolak pak Airlangga. Pak Airlangga memberikan amanah lebih besar kepada pak Ridwan untuk mengawal kebijakan pemerintah di Komisi V,” imbuhnya.

Ia menyebut, pendaftaran calon dalam Musda Golkar telah dibuka oleh panitia. Ada enam calon yang mendaftarkan dirinya. Dari enam orang itu, tak ada nama Ridwan Bae.

Meski tak maju sebagai calon Ketua DPD Golkar Sultra, Ridwan akan ditempatkan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Sultra.

“Enam calon yang mendaftar, masih akan diverifikasi lagi apakah memenuhi syarat sesuai AD/ART atau tidak,” tuturnya.

Penulis : Nur Kasri

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...