Sekda Buton: MTQ Beri Pengaruh Positif

Sekda Buton La Ode Zilfar Djafar saat menutup MTQ Tingkat Kabupaten Buton ke 46 di Ambuau Indah Kecamatan Lasalimu, Selasa 3 Maret 2020.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 tingkat Kabupaten Buton yang dipusatkan di Desa Ambuau Indah Kecamatan Lasalimu resmi ditutup. Kegiatan Religius yang digelar selama 4 hari tersebut ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Ir La Ode Zilfar Djafar MSi, Selasa 3 Maret 2020.

Turut hadir Wakapolres Buton, Kompol La Umuri, Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton, Danramil 1413 – 02 Pasarwajo, Kapten Inf Bahari, Perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Buton, Dewan Hakim, dan Camat se-Kabupaten Buton.

Ketua Panitia MTQ ke 46, Alimani membeberkan, kegiatan MTQ kali ini memperlombakan 8 cabang. Dari jumlah lomba itu, semuanya berhasil dilaksanakan walaupun ada beberapa kecamatan tidak seluruhnya mengikuti lomba.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Buton ini, para pemenang lomba MTQ akan menjadi duta Kabupaten Buton pada even MTQ Sultra di Kabupaten Konawe Selatan pada awal April 2020 mendatang.

Pada penutupan MTQ ke 46 ini, Panitia Pelaksana kegiatan selain mengumumkan juara umum, juga mengumumkan kandidat calon tuan rumah MTQ ke 47 tahun 2022 mendatang.

“Berdasarkan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Kecamatan Wabula dan Kecamatan Lasalimu ditunjuk sebagai kandidat calon tuan rumah MTQ ke 47,” kata Alimani.

Alimani menguraikan, kualitas para kafilah terutama qori dan qoriah Kabupaten Buton pada MTQ 2022 mendatang akan terus ditingkatkan.

“Dalam rapat penentuan calon tuan rumah tadi, akan dibangun rumah qori dan qoriah disetiap kecamatan dan akan diadakan pembinaan secara berjenjang,” katanya.

Kedepan, lanjut dia, semangat dan cinta Alquran kepada seluruh masyarakat Kabupaten Buton, khususnya bagi umat muslim dapat terus berkembang dan mengalami peningkatan.

Bupati Buton yang diwakili Sekda Buton, La Ode Zilfar Djafar mengatakan, semangat untuk membaca, memahami, dan mendalami isi serta mengamalkan ajaran Alquran jangan hanya tumbuh dan layu dalam semusim saja. Akan tetapi MTQ kali ini dijadikan sebagai suntikan energi bagi umat Islam Kabupaten Buton untuk secara terus menerus membumikan Alquran dalam dunia nyata dan membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai seorang Muslim, saya berharap penyelenggaraan MTQ menambah wawasan, penghayatan dan cinta kita terhadap Alquran,” kata Sekda Buton.

Zilfar berharap, pelaksanaan MTQ sebagai syiar Islam dapat memberikan pengaruh yang positif.

“Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat agar penyelenggaraan kegiatan MTQ ini memberi pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur,” katanya.

MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Buton di Kecamatan Lasalimu Selatan, Juara Umum diraih Kecamatan Pasarwajo yang berhasil mengumpulkan 11 emas, 6 perak, 7 perunggu dengan nilai 80.

Juara II ditempati Kecamatan Lasalimu Selatan dengan perolehan 10 emas, 1 perak, 10 perunggu, dengan nilai 63. Dan Juara III direbut Kecamatan Wolowa dengan perolehan 4 emas, 7 perak, 2 perunggu, dengan nilai 43.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...