Dukungan Siska Lebih Solid Dibanding AJP yang Masih Abu-abu

1714
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dua calon Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra (AJP) terus mendapatkan dukungan dari partai politik dan anggota dewan yang memiliki hak suara.

Keduanya saat ini terus menjalin komunikasi dengan partai politik dan 35 anggota DPRD Kota Kendari, tak terkecuali pimpinan partai politik di pusat untuk mendapatkan suara pada saat pemilihan wakil wali kota, Kamis 5 Maret 2020 besok.

- Advertisement -

Sejauh ini, kekuatan kedua calon sudah bisa terbaca seiring dengan sikap partai politik yang gamblang mendukung salah satu kandidat. Namun, di sisi lain, ada partai yang belum menunjukkan warna dukungan. Ada pula partai menujukkan dukungan, tapi cenderung tidak solid dan gampang dipunggungi oleh kadernya sendiri.

Sikap Fraksi yang Sudah Pasti

Pertama, Siska Karina merupakan calon dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki lima kursi di DPRD Kota Kendari. Partai ini pastinya solid. Lima suara dari PAN sudah pasti memilih Siska Karina, karena sudah menjadi perinrtah DPP PAN.

Meski bukan dari partai koalisi, Partai NasDem yang memiliki empat kursi di DPRD Kota Kendari sudah menyatakan dukungan kepada Siska pada pemilihan Wakil Wali Kota Kendari.

Empat anggota Fraksi NasDem sudah pasti memilih Siska Karina dan tidak akan mendukung calon lain, karena Ketua Umum Surya Paloh mengintruksikan langsung untuk mendukung dan memilih Siska Karina.

Kemudian, Fraksi Gerindra yang memiliki 4 kursi di DPRD Kota Kendari sudah dipastikan mendukung Siska Karina pemilihan wakil wali kota

“Fraksi Gerindra final ke Siska Karina. Jadi kami solid 4 suara memilih Siska Karina, yang tidak akan lari ke mana-mana, karena intruksi langsung dari DPP,” kata Ketua Fraksi NasDem Simon Mantong belum lama ini.

Kemudian, Partai Perindo yang memiliki dua kursi di DPRD Kota Kendari menyatakan dukungan kepada Sika Karina, sudah dipastikan partai besutan Hary Tanoesoedibjo solid untuk memilih Siska Karina pada pemilihan wakil wali kota.

“Keputusan ini sudah bersifat final, bahkan dukungan ke Siska kita sudah sampaikan ke DPP Partai Perindo,” kata Aryo Setiawan, Rabu 4 Februari 2020.

Saat ini yang sudah pasti Siska Karina mendapatkan dukungan dari empat partai politik, yakni, PAN 5 kursi, NasDem 4 kursi, Gerindra 4 kursi dan Perindo 2 kursi. Sehingga total suara yang sudah menjadi modal Siska untuk mengantarkan dirinya menjadi wakil wali kota sebanyak 15 suara. Kurang 3 suara lagi Siska bisa memenangkan pertarungan melawan AJP.

Sedangkan AJP sendiri, baru memastikan dukungan dari Fraksi Partai Keadlian Sejahtera (PKS) sebanyak 7 kursi.

Dukungan PKS terhadap AJP bukan tanpa alasan. Selain lebih “direstui” Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, AJP juga menjadi pilihan partai besutan Sohibul Iman itu.

Beda Partai, Beda Sikap Kader

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kota Kendari menyatakan dukungan kepada AJP. Keputusan itu dituangkan dalam sebuah keputusan di tingkat kota lalu dikuatkan DPD Provinsi Sultra.

Partai berlambang beringin ini memiliki 5 kursi di DPRD Kota Kendari.  Hanya saja, internal mereka tidak solid mendukung AJP.

Suara Fraksi Golkar bisa dikatakan pecah, karena La Ode Ashar sudah menyatakan akan memilih Siska Karina kalau tidak ada surat tertulis dari DPP Partai Golkar untuk mendukung AJP.  Sebaliknya, jika ada surat sakti dari DPP Golkar, Ashar siap tunduk dan ikut perintah DPP.

Sementara LM Rajab Jinik berdasarkan hati nurani akan memilih Siska Karina dalam pemimihan wakil wali kota.

Sementara, tiga suara dari Sahabuddin, LM Inarto dan Rusiawati Abunawas belum menyatakan dukungan kepada siapa. Akan tetapi mereka tetap mengikuti perintah partai dan belum tentu memilih AJP maupun Siska Karina.

Bila tiga suara Golkar lari dan memilih Siska Karina Imran, maka dipastikan Siska menjadi pendamping Sulkarnain Kadir. Sebab, kemenangan bisa diperoleh minimal mendapatkan 18 suara dari 35 suara di DPRD Kota Kendari.

Partai yang Belum Keluarkan Keputusan

Fraksi PDI Perjuangan yang memiliki 5 kursi di DPRD Kota Kendari belum menyatakan dukungan kepada kedua calon.

“Kita belum ada dukungan masih menunggu intruksi dari partai. Kalian tunggu saja ya, nanti kita lihat besok,” kata Ketua Fraksi PDIP Andi Sulolipu, Rabu 4 Maret 2020.

Tetapi secara bersamaan AJP maupun Siska Karina mendapatkan undangan langsung dari DPP PDIP untuk bertemu petinggi-petinggi partai berlambang benteng tersebut. Maka, AJP dan Siska masih memiliki peluang untuk mendapatkan partai besutan Megawati Seokarnoputri.

Sementara Fraksi DKI, gabungan Demokrat, Perindo dan PKB sebanyak lima kursi juga cenderung tidak solid. Bisa saja, hal ini dipengaruhi kebijakan partai masing-masing meskipun dalam satu kamar fraksi yang sama.

Dari tiga partai di Fraksi DKI, baru Perindo dengan dua kursi menyatakan dukungan ke Siska Karina Imran.

Sedangkan Demokrat sebanyak 2 kursi dan PKB satu kursi, belum menunjukkan keberpihakannya.

Baik Siska maupun AJP masih berpeluang mendapatkan sisa  suara yang belum menyatakan sikap sebanyak 13 suara. Yakni, lima dari PDI Perjuangan, dua dari Demokrat, 1 dari PKB dan lima dari Golkar.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...