Duka Perangkat Desa di Konawe Tak Dibayarkan Honornya Selama 15 Bulan

3735
 

Unaaha, Inilahsultra.com – Di balik Expo HUT Kabupaten Konawe yang begitu meriah, ada duka yang menyelimuti aparat desa di sana.

Sudah 15 bulan, honor mereka belum terbayarkan oleh Pemda Konawe dengan total honor aparat desa dalam setahun mencapai Rp 57 miliar.

- Advertisement -

Seketaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand, mengatakan, honor aparat bakal dibayarkan akhir Januari 2020, akan tetapi sampai memasuki Maret belum terealisasi.

Sementara itu, Rabu 3 maret 2020. Kepala BPKAD Konawe,Santoso mengaku, honor mereka akan cair ketika APBDesnya telah selesai.

Tidak dibayarkannya honor aparat desa ini dinilai ketidakbecusan pemda mengurus dana desa.

Ketua DPC Projo Kabupaten Konawe Irvan mengatakan honor aparat yang tak kunjung dibayarkan oleh Pemda dapat berimbas pada terhambatnya kegiatan desa.

Dia menyebutkan selama 15 bulan ini, ada ratusan Kepala Desa beserta aparatnya yang belum menerima honor. Padahal, pemerintah daerah bertanggung jawab penuh atas pembayaran honor aparat tersebut.

Ia menyebut, rujukan alokasi dana desa yang diperuntukkan honor aparat desa itu sesuai Undang-Undang No 6 tahun 2014 Tentang Desa.

Dalam Pasal 72 ayat 4, jelas bahwa dana desa ini merupakan pembagian dari dana perimbangan yang diterima kabupaten dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah setelah dikurangi dana alokasi khusus.

“Jadi tidak ada lagi alasan bagi Pemda Konawe untuk tidak membayarkan honor aparat desa. Sebab, ini menyangkut hak aparat desa se-Kabupaten Konawe,” tegasnya

Dia juga mengingatkan jika pihak Pemda Konawe tidak segera merealisasikan pembayaran honor aparat desa maka Projo Konawe akan turun aksi di Kantor Bupati Konawe.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
51
Komentar
loading...