DPRD Buteng Imbau Masyarakat Tenang dan Tidak Panik Terkait Virus Corona

1054
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Suharman mengimbau masyarakat agar tidak panik terkait isu virus corona yang beredar di jazirah eks Kesultanan Buton.

“Masyarakat Buteng tidak perlu cemas dan panik. Hanya saja yang perlu ditingkatkan itu pola hidup sehat. Mulai dari atur pola makan, istirahat yang teratur, dan sering berolah raga, guna menjaga daya tahan tubuh,” kata Suharman saat di temui di ruang kerjannya, Senin 9 Maret 2020.

- Advertisement -

Politikus Partai Nasdem ini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Buteng agar tidak mudah percaya informasi atau isu-isu yang tersebar selain dari narasumber yang berkompeten.

“Jangan terpancing dengan isu-isu. Kita sebagai masyarakat harus bijak bermedia sosial agar mendapatkan informasi yang falid. Jangan juga ikut menyebarkan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya maupun sumbernya,” tadasnya.

Secara tidak langsung, kata dia, orang seperti itu bisa disebut penyebar hoax. Agar mendapatkan informasi yang falid maka bisa didapatkan dari situs Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan Buteng.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Buteng Kasman mengatakan, pemerintah terus melakukan sosialisasi terkait virus corona, baik di Puskesmas maupun rumah sakit. Sehingga perlu mengatur pola hidup sehat agar mencegah virus menyerang kesehatan.

Langka promotif yang dilakukan Dinas Kesehatan sendiri, terang dia, bila bepergian harus menggunakan masker, hindari tempat-tempat keramain, dan sering sering mencuci tangan.

“Kalau ada penderita pilek atau bantuk agar dijauhi, minimal jarak dua meter, atau sebaiknya kita memberi masker agar tidak dapat menular ke orang lain,” terangnya.

Sejauh ini, pengunaan masker khusus di Kabupaten Buton Tengah sudah tergolong ramai. Namun untuk ketersediaan masker di setiap Puskesmas kebutuhannya sangat mencukupi.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...